View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Manajemen Pendidikan Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Manajemen Pendidikan Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Strategi Marketing Mix Dalam Peserta Didik Baru di SMK TI Airlangga Samarinda

Thumbnail
View/Open
Siti Fitri Utami.docx (12.54Kb)
Date
2018-10-02
Author
Utami, Siti Fitri
Metadata
Show full item record
Abstract
Siti Fitri Utami, 2018. “Strategi Marketing Mix Dalam Peserta Didik Baru di SMK TI Airlangga Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Zamroni, M. Pd dan Ahmad Riyadi, S.Ag, M.Hum. Latar belakang penelitian ini adalah sejak berdirinya sekolah tersebut pada tahun 2001 jumlah siswa yang terdapat di sekolah tersebut terus meningkat hingga saat ini. Dari melihat banyaknya jumlah perserta didik yang berada di sekolah tersebut membuktikan bahwa peran dari tim dalam melakukan pemasaran berhasil. Dengan adanya peningkatan jumlah peserta didik yang ada di sekolah tersebut dapat membuktikan bahwa strategi marketing mix yang digunakan oleh sekolah SMK TI Airlangga Samarinda dalam melakukan pemasaran memiliki pengaruh terhadap jumalah dari peserta didik yang mendaftar di sekolah tersebut itu artinya strategi tersebut berhasil diterapkan oleh sekolah. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bgaimana strategi marketing mix yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam penerimaan peserta didik baru. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi. Dianalisis dengan menggunakan analisa data berupa, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dan menggunakan keabsahan data berupa triangulasi data dan triangulasi sumber, dimana pada triangulasi data dilakukan perbandingan antara hasil wawancara, observasi dengan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerepan strategi marketing mix dalam penerimaan peserta didik baru di SMK TI Airlangga Samarinda tersebut mengalami kemajuan ketimbang di awal tahun berdirinya. Hal tersebut tentunya tidak terlepas dari pemasaran yang di lakukan oleh pihak sekolah yang dapat menarik dari minat para calon peserta didik baru dengan menerapakan strategi marketing mix pada saaat melakukan pemasaran. Adapun hal yang dapat mendukung pemasaran tersebut diantaranya 1.) Produk: terdapat lima jurusan yaitu multimedia, teknik komputer jaringan, rekayasa perangkat lunak, otomatisasi perkantoran,dan bisnis daring perkantoran. 2.) Harga: harga yang di tawarkan beragam sesuai dengan jalur gelombang dan jurusan yang di masuki. 3.)Tempat: lokasi di pinggir jalan dan mudah di jangkau baik dengan menggunakan kendara umum ataupun dengan kendaraan pribadi. 4.) Promosi : promosi yang di lakukan melalui media dan juga melalui promosi langsung dengan mendatangi ke sekolah-sekolah tujuan. 5.) SDM : SDM yang terdapat di sekolah tersebut adalah tenaga-tenaga ahli yang berprestasi dan ramah. 6.) Sarana prasarana : sarana dan prasarana memadai diantaranya ruang kelas, laboratorium, musolah, ruang BK, dan sebagainya. 7.)Proses : dalam melakukan promosi di bentuk suatu tim berdasarkan hasil forum untuk membentuk panitia.
URI
http://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/236
Collections
  • E-Skripsi - Manajemen Pendidikan Islam [333]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV