Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SDN 006 Bongan
Abstract
ABSTRAK
Beni Heriansyah, 2022. “Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SDN 006 Bongan”. Skripsi Jurusan Pendidikan Madrasah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda.Penelitian ini dibimbing oleh Dr.Zamroni, M.Pd selaku pembimbing I dan Abdul Razak, M.Pd sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah kemajuan di bidang pendidikan membutuhkan manajer pendidikan yang mampu mengelola satuan pendidikan dan mampu meningkatkan kinerja guru dalam mencapai tujuan pendidikan. Kepala sekolah pemegang peranan penting dalam kemajuan pendidikan dan kinerja guru Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa Besar pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SDN 006 Bongan.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan penelitian populasi yang berjumlah 50 siswa yang ada di kelas IV, V, dan VI di SDN 006 Bongan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan Angket. Adapun teknik analisis data dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji t,uji normalitas, uji korelasi dan koefesien determinasi.
Hasil analisis yang diperoleh menunjukan bahwa Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru berpengaruh. Besarnya pengaruh ini dibuktikan dengan perhitungan uji thitung 2,855 > ttabel l,677.sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditrolak yang artinya terdapat pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SDN 006 Bongan. Namun pengaruh kompetensi manajerial terhadap kinerja guru dalam kategori lemah karena nilai r sebesar 0,381 berada pada kisaran 0,20-0,399. Kemudian koefisien determinasi sebesar 14,5%. Sedangkan sisanya sebesar 85,5% di pengaruhi oleh variabel atau faktor lain yang tidak masuk dalam penelitian ini.