“Pemberdayaan Alumni Dalam Mengembangkan Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga di SMKN 4 Samarinda
Abstract
Peni Ismawati, 2018. “Pemberdayaan Alumni Dalam Mengembangkan Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga di SMKN 4 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. H. Yahya, M.Pd Selaku Pembimbing I dan Ibu Ishmatul Maula, M.Pd, Selaku Pembimbing II. Penelitian ini dilakukan atas ketertarikan penulis terhadap Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga futsal Di SMKN 4 Samarinda yang dibina oleh Alumni, dilihat dari observasi peneliti SMKN 4 Samarinda merupakan sekolah yang selalu mendapat juara dalam bidang Ekstrakurikuler. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberdayaan Alumni di SMKN 4 Samarinda dalam kegiatan ekstrakurikuler, serta faktor pendukung dan faktor penghambat dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMKN 4 Samarinda dan mengumpulkan berbagai gambar/foto dalam proses penelitian berlangsung. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), Objek penelitian ini adalah Alumni SMKN 4 Samarinda, Kepala Sekolah SMKN 4 Samarinda, Guru SMKN 4 Samarinda, dan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler. Untuk mengumpulkan data penelitian ini, peneliti menggunakan beberapa teknik, yaitu Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisa data dari hasil penelitian penulis menggunakan langkah-langkah analisis data secara garis besar menjadi 4 tahap, yaitu: pengumpulan data, reduksi data (data reduction), penyajian data dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Alumni diberdayakan karena memiliki prestasi, yang diberdayakan adalah tenaga, fikiran, dan dana dalam proses kegiatan ekstrakurikuler di SMKN 4 samarinda. Proses pemberdayaan Alumni adalah dengan direkrut oleh kepala sekolah dan keputusan pihak sekolah, proses rekrutmen yaitu dengan cara memanggil Alumni langsung untuk membantu dalam proses kegiatan ekstrakurikuler di SMKN 4 Samarinda, Alumni yang diperdayakan Adalah Alumni angkatan 2014, jika Alumni tersebut bisa mempertahankan prestasi dan potensinya maka akan dijadikan atau diangkat menjadi guru tetap. Faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan ekstrakurikuler futsal, faktor pendukungnya adalah pelatih merupakan Alumni yang berkompeten, ketersediaan lapangan futsal, Antusias Siswa yang tinggi dalam mengikuti ekstrakurikuler futsal. Faktor yang menghambat adalah Alumni susah mengatur waktu dalam melatih karena memiliki jadwal kuliah sore, ketika hujan lapangan banjir dan kurangnya sarana dan prasarana yang melengkapi.