Show simple item record

dc.contributor.authorSa'diyah.A, Halimatus
dc.date.accessioned2023-01-31T01:38:48Z
dc.date.available2023-01-31T01:38:48Z
dc.date.issued2022-10-17
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2414
dc.description.abstractABSTRAK Halimatus Sa'diyah.A, 2022. "Strategi Pemasaran Pedagang Kaki Lima di Pasar Wisma Loa Janan Ilir dalam Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syari'ah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda". Penelitian ini dibimbing oleh Dr. H. Moh. Mahrus, S. Ag., M. HI dan Nur Rahmatullah, S.E., M.S.A. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh strategi pemasaran yang digunakan oleh Para Pedagang Kaki Lima dalam melakukan transaksi jual beli di Pasar Wisma Loa Janan Ilir dan minat beli konsumen terhadap produk yang dijual Pedagang Kaki Lima. Dengan rumusan masalah bagaimana strategi pemasaran Pedagang Kaki Lima di Pasar Wisma Loa Janan Ilir dan bagaimana minat beli konsumen terhadap produk Pedagang Kaki Lima di Pasar Wisma Loa Janan Ilir dalam perspektif Ekonomi Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran Pedagang Kaki Lima di Pasar Wisma Loa Janan Ilir dan minat beli konsumen terhadap produk Pedagang Kaki Lima di Pasar Wisma Loa Janan Ilir dalam perspektif Ekonomi Islam Jenis penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Informan penelitian terdiri dari 70 Pedagang Kaki Lima di Pasar Wisma Loa Janan Ilir dengan mengambil 7 Pedagang Kaki Lima yang sesuai dengan kriteria penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data model lapangan Miles and Huberman. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, diketahui bahwa: Pedagang Kaki Lima sudah menggunakan 7 bauran pemasaran untuk menarik minat beli konsumen di Pasar Wisma Loa Janan Ilir untuk meningkatkan minat beli konsumen diantaranya penerapan strategi Product (Produk) yang berkualitas dan juga halal, Price (Harga) yang terjangkau oleh konsumen, Promotion (Promosi) yang menarik, Place (Tempat) yang strategis berada dipinggir jalan dan bersih, People (Orang) dengan pelayanan yang ramah, Physical evidence (Bukti Fisik) yang mudah ditemukan dengan plang nama usaha, dan Process (Proses) yang terbuka atau transaparan dan Jujur (shiddiq) kepada konsumen. Dengan penerapan bauran pemasaran tersebut para Pedagang Kaki Lima mampu meningkatkan minat beli sebagian masyarakat Kecamatan Loa Janan Ilir ataupun diluar wilayah agar mereka datang berbelanja di Pasar Wisma Loa Janan Ilir. Terkait minat beli konsumen terhadap produk Pedagang Kaki Lima di Pasar Wisma Loa Janan Ilir dalam perspektif Ekonomi Islam tidak adanya unsur berlebih-lebihan (ghuluw) dalam memenuhi kebutuhan ataupun keinginannya dan dipengaruhi oleh kualitas produk yang halal, harga yang murah, promosi produk yang menarik, lokasi pasar yang strategis karena berada dipinggir jalan, pelayanan yang ramah, proses pembuatan produk yang transparan atau terbuka dan mudah ditemukan dengan plang nama usaha yang diberikan oleh Pedagang Kaki Lima yang ada di Pasar Wisma Loa Janan Ilir. Kata Kunci: Strategi Bauran Pemasaran, Pedagang Kaki Lima, Minat Beli Konsumenen_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectStrategi Bauran Pemasaran, Pedagang Kaki Lima, Minat Beli Konsumenen_US
dc.titleStrategi Pemasaran Pedagang Kaki Lima di Pasar Wisma Loa Janan Ilir dalam Perspektif Ekonomi Islamen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record