Pengaruh Konsep Diri, Kelompok Teman Sebaya, Budaya Kontemporer dan Religiusitas Terhadap perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi kasus Mahasiswa UINSI Samarinda).
Abstract
ABSTRAK
Putri Handayani, 2022. Pengaruh Konsep Diri, Kelompok Teman Sebaya, Budaya Kontemporer dan Religiusitas Terhadap perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi kasus Mahasiswa UINSI Samarinda). Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Mursyid, S.Ag., MSI dan Nurul Fadhilah, S.ST., M.E
Latar belakang penelitian ini adalah sikap individu terhadap pembelian dan
pemenuhan kebutuhan didorong sebuah keinginan dari individu yang sebenarnya kurang berguna. Hal ini biasanya berdasarkan perkembangan jaman yang melatarbelakangi perilaku konsumtif tersebut. Setiap individu mengetahui namun tetap saja melakukan karena demi pembuktian jati diri terhadap orang lain, adanya pengaruh dari kelompok teman sebaya, dan juga adanya pengaruh dari budaya yang ada di lingkungan sekitarnya. Perilaku tersebut biasanya cenderung dilakukan oleh mahasiswa, perilaku ini dapat dicegah dengan menanamkan nilai-nilai religiusitas. sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari konsep diri, kelompok teman sebaya, budaya kontemporer dan religiusitas baik secara parsial maupun secara simultan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa UINSI Samarinda.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian asosiatif kausal, teknik yang digunakan untuk menentukan sampel adalah dengan menggunakan metode Slovin dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Sedangkan teknik Pengumpulan data yang digunakan dengan angket yang merupakan daftar pernyataan yang diberikan kepada responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel konsep diri berpengaruh negatif signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa, variable kelompok teman sebaya tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa, variabel budaya kontemporer berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dan variabel religiusitas berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Sedangkan secara simultan variabel konsep diri, kelompok teman sebaya, budaya kontemporer dan religiusitas berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Dengan nilai R Square sebesar 0,660 yang memiliki arti bahwa kontribusi variabel konsep diri, kelompok teman sebaya, budaya kontemporer dan religiusitas terhada perilaku konsumtif mahasiswa adalah sebesar 66% sedangkan sisanya 34% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Konsep Diri, Kelompok Teman Sebaya, Budaya Kontemporer, Religiusitas, Perilaku Konsumtif