dc.description.abstract | ABSTRAK
Maulana Ihsan, 2022, Analisis Dampak Relokasi Pasar Mangkurawang Tenggarong Terhadap Pendapatan Pedagang Menurut Perspektif Ekonomi Islam, Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini di bawah bimbingan Bapak Dr. H. Moh. Mahrus, S. Ag. M. HI sebagai pebimbing I dan Bapak Ahmad Syarif, S.E.I.,M.Sc sebagai pebimbing II
Latar belakang penelitian ialah bagaimana dampak yang dirasakan oleh pedagang setelah adanya kebijakan relokasi yang dilakukan oleh pemerintah setempat setelah adanya kejadian pasar terbakar pada tahun 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak relokasi pasar terhadap pendapatan pedagang di pasar Mangkurawang Tenggarong, untuk mengetahui tanggapan pedagang terkait relokasi Pasar Mangkurawang Tenggarong, dan untuk mengetahui tinjauan Ekonomi Islam terkait dengan relokasi Pasar Mangkurawang Tenggarong
Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan ini, menggunakan penelitian lapangan (field research). Dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive sampling merupakan teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Sumber data dalam penelitian ini yaitu menggunakan data primer dan sekunder, dalam penelitian ini teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dengan informan yang berjumlah 18 orang, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis data kualitatif atau memulai dengan fakta dan peristiwa empiris dan menggunakan analisis deskriptif untuk menelaah dan menganalisisnya sehingga dapat dipahami.
Hasil penelitian ini adalah dari segi pendapatan, para pedagang yang direlokasi ke pasar Mangkurawang mengalami penurunan dari pendapatan dibandingkan di pasar sebelumnya. Dampak relokasi dari pengelolaan pasar, ada yang negatif dan positif. Dampak dari sisi negatifnya yaitu berkurangnya pendapatan dari pasar sebelumnya, dan dampak positif nya pasar jauh lebih nyaman dan bersih. Dan dari jika dilihat dari tinjauan Ekonomi Islam sebagai ekonomi yang dibangun atas nilai-nilai universal Islam. Nilai-nilai yang dimaksud antara lain: Tauhid (keesaan) yaitu dengan memperhatikan kemaslahatan masyarakat saat melakukan relokasi dan dimaknai dalam rangka ibadah kepada Allah SWT, „Adl (keadilan) yaitu pemerintah yang berlaku adil dalam menentukan pengundian lokasi berjualan pedagang, dan ma’ad (hasil) yaitu hasil yang diharapkan meningkat dari sisi pendapatan pedagang setelah direlokasi namun kenyataannya pendapatan pedagang tidak meningkat.
Kata Kunci: Pasar Tradisional, Relokasi, Pendapatan, Ekonomi Islam | en_US |