Show simple item record

dc.contributor.authorSyahidu, Alpan
dc.date.accessioned2023-02-09T01:20:03Z
dc.date.available2023-02-09T01:20:03Z
dc.date.issued2022-06-06
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2472
dc.description.abstractABSTRAK Alpan Syahidu, 2022.“Minat Konsumen Pakaian Bekas di Onilzsecond hand Samarinda Perspektif Etika Bisnis Islam. Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. H. Moh. Mahrus, S. Ag. M. HI selaku pembimbing I dan Bapak H. Yusran, M. Ag selaku pembimbing II. Latar belakang dalam penelitian ini yaitu persoalan untuk memenuhi salah kebutuhan hidup, yang dimana memenuhi kebutuhan hidup dikaitkan dengan kebutuhan. Salah satu upaya masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan berbisnis jual beli pakaian bekas. Salah satu Toko yang memperjual belikan pakaian bekas adalah Onilzsecondhand di Samarinda. Pakaian bekas ini memiliki merekmerek terkenal, kualitas yang bagus, serta harga yang terjangkau. Untuk itu penelitian ini bertujuan mengetahui minat konsumen terhadap pakaian bekas serta tinjauan etika bisnis Islam terhadap minat konsumen pakaian bekas di Onilzsecondhand Samarinda. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh konsumen Onilzsecondhand yang datang disetiap bulannya, yang rata-rata jumlahnya kurang lebih 4.200 orang. Dalam pengambilan sampel dari jumlah populasi yang ada, peneliti menggunakan rumus slovin dan menghasilkan sampel sebayak 98 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Adapun Teknik analisa data yang dipakai yaitu metode Analisa kualitatif yaitu keterangan dalam bentuk uranian. Hasil penelitian ini adalah minat beli konsumen terhadap pakaian bekas di Onilzsecondhand Samarinda berdasarkan beberapa faktor yaitu harga pakaian bekas yang lebih murah, kualitas pakaian yang bagus, brand-brnand pakaian yang bagus, dan kualitas pelayanan yang baik di berikan oleh pihak Onilzsecondhand. Dari beberapa faktor yang ada harga, kualitas, dan pelayanan menjadi faktor utama konsumen dalam memilih pakaian bekas, sedangkan brand tidak menjadi faktor utama konsumen dalam memilih pakaian bekas. Kemudian Tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap minat konsumen pakaian bekas di Onilzsecondhand dapat dilihat dari beberapa prinsip yaitu prinsip Tauhid, prinsip Keseimbangan, prinsip Kehendak Bebas, prinsip Tanggung Jawaban, dan prinsip Kebajikan. Kata kunci: Minat Konsumen, Pakaian Bekas, Etika Bisnis Islam.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectMinat Konsumen, Pakaian Bekas, Etika Bisnis Islam.en_US
dc.titleMinat Konsumen Pakaian Bekas di Onilzsecondhand Samarinda Perspektif Etika Bisnis Islam.en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record