Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas V Di SDIT Insan Cendikia Tenggarong Seberang
Abstract
ABSTRAK
Alfia Nita, 2022. “Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas V Di SDIT Insan Cendikia Tenggarong Seberang”. Skripsi Jurusan Pendidikan Madrasah Fakutas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI). Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Khojir, M.SI sebagai pembimbing I dan Marniati Kadir, M.Pd sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini berawal dari observasi awal penulis yaitu guru masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Guru menjelaskan materi pelajaran dan siswa mendengarkan, setelah itu para siswa mengerjakan soal-soal yang ada di buku paket ataupun LKS. Sehingganya siswa cenderung bosan saat proses pembelajaran yang menyebabkan kurangnya parsisipasi siswa dalam proses pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran IPA. Hal tersebut menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa di bawah KKM yaitu 75. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran kooperatif model student teams achievement divisions (STAD) terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam kelas V SDIT Insan Cendikia Tenggarong Seberang
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen, dengan mengambil objek penelitian di SDIT Insan Cendikia Tenggarong Seberang. Jumlah populasi 350 pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Test yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pretest dan posstest. Untuk teknis analis data menggunakan Uji Wilcoxon dan Uji Mann Whitney. Setelah itu peneliti menarik kesimpulan dari kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Student Teams Achievent Division (STAD).
Berdasarkan hasil penelitian menggunakan kooperatif model Student Team Achievement Division (STAD), kemudian data dianalisis menggunakan uji mann whitney sebagai hasil utama dari penelitian yang dilakukan. Hasil perhitungan yang dilakukan pada taraf signifikansinya 0,05, menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh dengan hasil uji mann whitney sebesar 57.00 dan nilai signifikansi yang diperoleh 0,000. Nilai sigfikansinya menyatakan lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 maka dapat dinyatakan Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dari analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievent Divisions (STAD) efektif digunakan pada mata pelajaran IPA materi perpindahan kalor.