Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Daur Hidup Hewan Pada Siswa Kelas IV di MI Sullamul Hidayah Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Mina Saharah, 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Daur Hidup Hewan Pada Siswa Kelas IV di MI Sullamul Hidayah Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Madrasah, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dam Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Marniati Kadir, M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Lely Salmitha, M.Pd selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini di latar belakangi dari hasil belajar siswa yang masih rendah. Dapat dilihat dari rata-rata nilai siswa yang masih belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hal ini dikarenakan siswa masih sulit membedakan daur hidup hewan seperti metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam mengajarkan IPA, khususnya materi daur hidup hewan masih bersifat monoton. Sehingga penting bagi guru untuk menarik perhatian semua siswa serta menumbuhkan rasa keingintahuan siswa agar mendapatkan hasil belajar yang memuaskan salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dengan menggunakan gambar-gambar yang konkrit dalam bentuk kartu/cerita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar IPA di MI Sullamul Hidayah Samarinda.
Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian Pre-test Post-test Non Equivalent Control Group Design. Eksperimen yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan Quasi Experimental. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 63 siswa yang ada di kelas IV MI Sullamul Hidayah Samarinda. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas IV A yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Objek penelitian ini yaitu hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture, Adapun teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain, dan uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-test. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-test adalah uji yang memakai dua sampel yang berbeda. Adapun kriteria pengambilan keputusannya adalah jika t hitung < t tabel maka pengujian berhasil.
Hasil dari uji hipotesis adalah 0.001 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil dari N-Gain kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture yaitu 0,51 dan hasil dari N-Gain kelas kontrol menggunakan metode konvensional yaitu 0,34. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture terhadap hasil belajar IPA materi daur hidup hewan pada siswa kelas IV di MI Sullamul Hidayah Samarinda.