Manajemen Pelayanan Perpustakaan SMA Negeri 4 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Isro darmawan, 2022. “Manajemen Pelayanan Perpustakaan SMA Negeri 4 Samarinda. Skripsi. Program Studi Manajemen Pendidikan, Islam. Jurusan Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Negeri IslamAji Muhammad Idris Samarinda”. Penelitian dibimbing oleh Ibu dra. Hj. Ananiah, M.M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Rabiatul Adawiah, M.Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang dari penelitian berdasarkan Observasi di awal penulis mengamati Bagaimana Pelayanan Perpustakaan Terhadap Minat baca siswa tiap-tiap dari Pelayanan terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi, pelayanan sirkulasi, referensi, bimbingan baca, serta meningkatkan literasi terhadap minat baca siswa diperpustakaan SMA Negeri 4 Samarinda yang terintegrasi kedalam manajemen sehingga hambatan selama ini yang terjadi seperti siswa mengalami kurangnya minat baca mudah untuk meningkatkan gairah membaca untuk menambah wawasan dan informasi yang membuat siswa akan percaya diri dengankemampuannya. Adapun dari tujuan yang inginkan oleh peneliti yaitu mengetahui bagaimana Manajemen Pelayanan Perpustakaan Terhadap Minat baca Siswa di SMA Negeri 4 Samarinda.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif berusaha untuk mendeskripsikan hasil penelitian dalam bentuk narasi dan kata-kata. Metode pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi sumber data primer yaitu kepala sekolah, Kepala Perpustakaan, Tenaga Perpustakaan, Guru-gurudan Siswa/siswi. Sedangkan untuk data Sekunder adalah data pendukung dari tata usaha sekolah, sarana prasana, koleksi buku, tata tertib dan jumlah murid yang ada di SMA Negeri 4 Samarinda. Teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, Teknik Analisis data yang digunakan ialah kondensasi data, penyajian data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Manajemen Pelayanan Perpustakaan Terhadap Minat Baca Siswa SMA Negeri 4 Samarinda. Diawal denngan tahap Perencanaan merupakan hal utama untuk melakukan gerak langkah yang diterapkan untuk itu dalam pelayanan memusatkan program kerja yang terintegrasi kedalam suatu joblist yang dibangung untuk perencanaan 2 tahun kedepan kedalam sistemotimalisasi terhadap Pelayanan Perpustakaan lainnya di sekolah-sekolah pada umumnya yang berkembang akan tetapi untuk sekarang statement masih belum bisa dibilang masih jadi produk unggulan masih ada kendala dengan Sistem layanan ini adalah sistem layanan terbuka yaitu pengunjung yang sekarang masih manual akan mengisi bukutamu, kemudian memilih jenis-jenis buku yang dibutuhkan. Untuk bagian organisasi kesiapan dalam staf perpustakaan masih belum bisa bilang masih mumpuni dalam bidangnya dikarenakan kepala perpustakaan background bukan dari latar belakang lulusan perpustakaan mengingat kepala sekolah cuman sebatas mengantikan dengan musyawarah diakhir semester 2 mengadakan rapat evaluasi sekolah kepala perpustakaan yang sudah pensiun. Pelaksanaan yang dilalui dengan job description pembagian tempat bagi petugas perpustakaan sistem kordinat kerja yang ambil dengan perannya dalam tupoksinya kerjanya masing-masing. Untuk pengawasan dan evaluasi bagi manajemen perpustakaan ialah dengan menggunakan laporan dari kepala perpustakaan berkordinasi antara kepala dan petugas perpustakaan lalu diserahkankepada kepala sekolah untuk melihat dan mengawasi perkembangan dari perpustakaan sekolah tiap pertriwulan sekali . Dari program yang di unggulkan perpustakaan SMA Negeri 4 Samarinda ini yaitu terdapat program baru yang memusatkan dengan layanan bimbingan ke guru, dan pustakawan untuk meningkatkan kemampuan literasi. Sehingga layanan perpustakaan tidak melupakan teknik manajemen yang semestinya diterapkan dalam lingkup pelayanan sehingga melahirkan keunggulan baru untuk kedepan untuk meningkatkan minat bacaan siswa, tahap perencanaan SMA Negeri 4 optimis untuk memajukan perpustakaan Melalui Anggaran yang kepala sekolah beri dana khusus melalui (RABPS) dan BOS sebesar 5 % untuk sebagai penunjang pembelajaran siswa. Hambatan dari pelayanan perpustakaan ialah kurangnya petugas perpustakaan yang belum optimal dalam pelayanan sehingga untuk meningkatkan minat baca siswa menjadi terganggu akibat kesibukan mereka yang tidak bisa tetap diruangan perpustakaan sehingga tidak optimal dalam penerapan manajemen pelayanan perpustakaan SMA Negeri 4 Samarinda