dc.description.abstract | ABSTRAK
Muhammad Adhar, 2022, “Strategi Pemasaran Usaha Tambak Udang Di Desa Tanjung Sembilang Perspektif Ekonomi Islam”. Skripsi Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Hj. Norvadewi, M. Ag dan Dedy Mainata, SE., M.Ag.
Latar belakang dari penelitian ini ialah Strategi pemasaran yang diterapkan oleh Petani Tambak Udang dalam meningkatkan pendapatan serta untuk mengkaji pandangan ekonomi Islam terhadap strategi pemasaran yang telah diterapkan di Desa Tanjung Sembilang, Kelurahan Muara Sembilang, Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui Strategi pemasaran yang digunakan untuk meningkatkan pendapatan Usaha Tambak Udang di Desa Tanjung Sembilang dalam perspektif ekonomi Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) digunakan untuk menggali data yang bersumber dari lokasi penelitian lapangan. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bersifat memaparkan dan bertujuan untuk memperoleh gambaran yang lengkap tentang sesuatu yang sedang diteliti. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara dilakukan kepada 6 petani tambak dan 6 konsumen di Desa Tanjung Sembilang. Sebagai informan tambahan dan sumber data sekunder adalah dari buku-buku pendukung, jurnal, skripsi, dan website. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis miles dan hubermen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan, petani tambak udang menggunakan 7 Bauran Pemasaran (Marketing Mix) yaitu, Produk (Product), Harga (price), Tempat (place), Promosi (promotion), Orang (people), Proses (process), Bukti Fisik (phisyical Evidence). Dalam pemasaran Syar’ah yang diterapkan oleh petani tambak udang di Desa Tanjung Sembilang yaitu dilandasi dengan kejujuran, keikhlasan, kebenaran, saling memberikan manfaat dan juga dalam menerapkan strategi pemasaran menggunakan karakteristik pemasaran syariah seperti Ketuhanan (Rabbaniyah), Etis (Akhlaqiyyah), Realistis (Al-waqi’yyah), dan Humanistis (Insaniyah).
Kata Kunci: Strategi Pemasaran Islam, Tambak Udang | en_US |