Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Promosi Online Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim Pada Toko Surfing Day Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Mohammad Khatami, 2022. “Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Promosi Online Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim Pada Toko Surfing Day Samarinda”. Skripsi Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Agama Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Tikawati, S. E,. M. Si selaku Dosen Pembimbing I dan Ibu Nurul Fadhilah, S ST., M. E selaku Dosen Pembimbing II.
Kepercayaan adalah pondasi dari bisnis. Suatu transaksi bisnis antara dua pihak atau lebih akan terjadi apabila masing-masing pihak saling mempercayai. Karena tanpa ada suatu kepercayaan penuh dari konsumen, sangatlah tidak mungkin transaksi melalui media online akan terjadi, yang mana perlu adanya rasa saling percaya antara pembeli dan penjual. Setelah terjadi rasa saling percaya kemudahan menjadi faktor lainnya dalam bertransaksi. Dalam kemudahan konsumen yang melakukan transaksi hanya melakukan sedikit usaha, tidak harus melalui banyak prosedur untuk bertransaksi sehingga memudahkan konsumen tersebut melakukan pembelian produk melalui internet. Adapun faktor selanjutnya ialah promosi online, promosi memiliki bentuk komunikasi yang digunakan oleh perusahaan untuk menginformasikan, membujuk, atau meningkatkan kepercayaan masyarakat mengenai produk, jasa, bayangan (image), gagasan (idea) atau keterlibatan perusahaan dan masyarakat dengan maksud agar orang dapat menerimanya dan melakukan perbuatan seperti harapan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, kemudahan, dan promosi online terhadap keputusan pembelian konsumen muslim pada toko surfing day samarinda dan mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan pada keputusan pembelian.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah kuesioner. Jenis data yang digunakan ialah data primer dengan jumlah populasi yang digunakan ialah konsumen muslim berjumlah 10.030 followers dengan sampel yang diambil sebanyak 100 orang dengan kreteria yaitu konsumen muslim yang membeli produk di toko surfing day samarinda. Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah uji regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil penelitian, variabel kepercayaan (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan sebesar 0,545 lebih besar dari 0,1, variabel kemudahan (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan sebesar 0,033 lebih kecil dari 0,1, variabel Promosi Online (X3) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan sebesar 0,003 lebih kecil dari 0,1. Dalam uji F nilai signifikan sebesar 0,008 lebih kecil dari 0,1 atau dapat dikatakan Kepercayaan, Kemudahan, dan Promosi Online berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen muslim pada toko surfing day
Kata Kunci: Kepercayaan, Kemudahan, dan Promosi Online.