Kepengawasan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru Di SMA Negeri 5 Samarinda
Abstract
Fahri, 2018. “Kepengawasan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru Di SMA Negeri 5 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. H. M. Said Husin, MA dan Arsinah Sadar, M.Si. Tugas kepala sekolah sangatlah penting bagi sekolah karena kemajuan dan kemunduran sekolah ditentukan kepemimpiannya. Sebagai sekolah harus memperhatikan semua aspek yang berada di lembaga tersebut dari guru, staff, peserta didik dan sebagainya. Lokasi penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah di jl. Ir Juanda no. 1 kelurahan Air Putih, kota Samarinda. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi fakta di lapangan bahwa SMA Negeri 5 Samarinda memiliki permasalahan dalam tugas pokok dan fungsi kepala sekolah sebagai supervisor. Dengan adanya permasalahan tersebut visi dan misi madrasah belum sepenuhnya dapat tercapai dengan baik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana mengetahui implementasi kepengawasan kepala sekolah dalam meningkat profesionalitas guru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu dengan mengumpulkan informasi dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai pengumpulan data. Sedangkan tujuan penelitian deskriptif adalah untuk menjadikan penulisan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta yang ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Keberhasilan sekolah SMA Negeri 5 Samarinda sangat ditentukan oleh peran kepemimpinan kepala sekolahnya. Karena kepala sekolah sebagai pemimpin di lembaganya, maka dia harus mampu membawa lembaga ke arah tercapainya tujuan yang telah di tentukan. Kepala sekolah mempunyai tugas tambahan salah satunya supervisor, kepala sekolah SMA Negeri 5 Samarinda telah melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai supervisor guru dengan melakukan kunjungan kelas setiap hari, penelitian inspeksi data sehingga informasi lebih akurat, melakukan rapat atau evaluasi, dan juga mengadakan pembinaan terhadap guru dengan cara memberi motivasi-motivasi. Sehingga membuat guru tersebut menjadi guru yang profesionalitas.