Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Generasi Milenial Dalam Berdonasi Melalui E-Commerce Tokopedia Di Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Syifa Pertiwi, 2022. ”Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Generasi Milenial Dalam Berdonasi Melalui E-Commerce Tokopedia Di Samarinda”. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Jurusan Ekonomi Syariah (ES) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI). Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Prof. Alfitri, M.Ag.,LLM.,Ph.D dan Ibu Fitria Rahmah, S.E.I.,M.A.
Donasi memiliki cakupan yang sangat luas, dana tersebut nantinya akan digunakan untuk membantu orang lain yang mengalami kemiskinan yang masih banyak dialami oleh masyarakat. Selain itu juga dapat digunakan untuk membangun infrastruktur yang bermanfaat seperti sarana ibadah dan pendidikan, dan didalam penelitian ini donasi yang dimaksud adalah fitur wakaf uang di ecommerce Tokopedia yang merupakan donasi wakaf dengan uang. Potensi wakaf uang di Indonesia saat ini mencapai Rp.180 Triliun per tahun, namun realisasinya masih jauh dari potensi yang ada. Kalimantan Timur merupakan provinsi pertama di Indonesia yang menjadi pilot project Gerakan Indonesia Sadar Wakaf (Giswaf). Untuk dapat berdonasi wakaf uang tentu seseorang perlu memiliki pendapatan yang memadai untuk berdonasi wakaf uang. Serta media informasi sebagai media untuk menambah pengetahuan kepada seseorang agar dapat membentuk minat untuk berdonasi wakaf uang. Wakaf uang juga sudah dapat dilakukan melalui e-commerce dengan dana yang minim dan dapat dilakukan hanya bermodalkan internet saja, hal tersebut merupakan suatu kemudahan dalam berdonasi wakaf uang. Untuk merealisasikan potensi wakaf tersebut perlu adanya generasi yang memahami serta mudah beradaptasi dengan kemajuan teknologi saat ini. Perkembangan populasi di usia produktif saat ini didominasi oleh generasi milenial, termasuk di Kota Samarinda Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, pendapatan, media informasi dan kemudahan terhadap minat generasi milenial untuk berdonasi wakaf uang melalui e-commerce Tokopedia di Samarinda.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif kausal dengan metode pengumpulan data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi muslim milenial di Kota Samarinda. Sampel dalam penelitian ini ditentukan menggunakan rumus Slovin sebanyak 100 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan program SmartPLS versi 3.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pengetahuan dan faktor media informasi berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap minat generasi milenial dalam berdonasi wakaf uang melalui e-commerce Tokopedia di Samarinda,faktor pendapatan dan faktor kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat generasi milenial dalam berdonasi wakaf uang melalui e-commerce Tokopedia di Samarinda.
Kata Kunci : Minat, Donasi, Wakaf Uang, E-Commerce