Show simple item record

dc.contributor.authorFebriani, Wike Dinda
dc.date.accessioned2023-03-28T06:33:38Z
dc.date.available2023-03-28T06:33:38Z
dc.date.issued2022-11-04
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2564
dc.description.abstractABSTRAK Wike Dinda Febriani, 2022. “Pengaruh Media Sosial, Brand Awareness, dan Endorsement Terhadap Perilaku Konsumitf Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda)”. Skripsi Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Akhmad Nur Zaroni, M.Ag dan Ahmad Syarif, S.E.I., M.Sc. Meningkatnya kebutuhan ekonomi masyarakat dan pesatnya perkembangan teknologi yang terjadi saat ini mempengaruhi pola tingkah laku masyarakat, terutama dalam hal berbelanja. Saat ini, perilaku konsumtif sebagian besar masyarakat Indonesia berubah, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhannya, tetapi juga mengubah fungsinya menjadi aktivitas yang memuaskan, membimbing hobinya dan memenuhi kebutuhannya. Berperilaku konsumtif tidak mengenal usia, jenis kelamin, pekerjaan, bahkan mahasiswa. Banyak hal yang membuat seseorang menjadi perilaku konsumtif, diantaranya adalah media sosial, brand, dan endorsement. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media sosial, brand awareness, dan endorsement berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UINSI Samarinda. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FEBI UINSI samarinda semester IIX angkatan 2018. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan rumus slovin sebanyak 78 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik regresi berganda dengan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Sosial secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa, sedangkan Brand Awareness dan Endorsement secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Selanjutnya hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Media Sosial, Brand Awareness dan Endorsement secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Kata Kunci: Media Sosial, Brand Awareness, Endorsement, Perilaku Konsumtifen_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectMedia Sosial, Brand Awareness, Endorsement, Perilaku Konsumtifen_US
dc.titlePengaruh Media Sosial, Brand Awareness, dan Endorsement Terhadap Perilaku Konsumitf Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record