dc.description.abstract | ABSTRAK
Ajeng Amallya Rohali, 2018. Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Membeli Produk Kosmetik Dalam Kemasan Pada Mahasiswi IAIN Samarinda (Studi Kasus: di Mahasiswi FEBI IAIN Samarinda). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisinis Islam (FEBI), Jurusan Ekonomi Syariah, Program Studi Ekonomi Syariah (ES) Institut Agama Islam Negeri Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. H. Romansyah Harul, M.SI, dan Bapak H. Rachmad Saleh Nasution, Lc, M.E.
Penelitian ini dilakukan di kampus IAIN Samarinda Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Latar belakang penelitian ini berangkat dari banyaknya mahasiswi yang masih belum menggunakan produk kosmetik yang halal dan aman digunakan. Maka penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui apakah labelisasi halal berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan membeli produk kosmetik di kalangan mahasiswi FEBI IAIN Samarinda.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh labelisasi halal terhadap keputusan membeli produk kosmetik di kalangan mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Samarinda khususnya Jurusan Ekonomi Syari’ah dan Perbankan Syari’ah.
Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi FEBI IAIN Samarinda tahun angkatan dari 2014-2017 yang berjumlah keseluruhan 485 orang. Sampel dalam penelitian berjumlah 49 mahasiswi. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Penulis menetapkan besarnya sampel 10% dari besarnya populasi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan penulis adalah regresi linear sederhana.
Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah berdasarkan perhitungan thitung diperoleh sebesar 10,273 sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan db= 47, maka diperoleh ttabel sebesar 2,012. Hal ini berarti jika thitung 10,273 > ttabel 2,012 dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh labelisasi halal terhadap keputusan membeli kosmetik di kalangan mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Samarinda.
Kata kunci: Labelisasi Halal, Keputusan Membeli. | en_US |