Show simple item record

dc.contributor.authorYuliani, Wahyu Indah
dc.date.accessioned2020-04-07T07:34:46Z
dc.date.available2020-04-07T07:34:46Z
dc.date.issued2018-06-26
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/258
dc.description.abstractABSTRAK Wahyu Indah Yuliani, 2018. Pengaruh Pemahaman Keagamaan dalam hal konsumsi Terhadap Keputusan Memilih Produk Halal Masyarakat Muslim Kelurahan Harapan Baru Samarinda Seberang. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Jurusan Ekonomi Syariah, Program Studi Ekonomi Syariah (ES) Institut Agama Islam Negeri Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Bambang Iswanto M.H dan Ibu Hervina, S.HI, M.Ag Latar belakang dalam penelitian ini adalah melihat dalam kehidupan sehari-hari tentu sangat penting dalam berkonsumsi, akan tetapi harus sesuai dengan syariat Islam. Dalam mengkonsumsi suatu produk masyarakat belum begitu memahami produk yang dibelinya. Untuk mengetahui kehalalan suatu produk tersebut dengan melalui label kehalalan di belakang kemasan. Dalam Islam terdapat perintah untuk mengkonsumsi produk harus yang halal dan baik maka akan mendapatkan keberkahan dan juga merupakan kepatuhan kepada Allah SWT. Sedangkan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengaruh pemahaman keagamaan terhadap keputusan memilih produk halal masyarakat muslim di Kelurahan Harapan Baru Samarinda Seberang. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Harapan Baru Samarinda Seberang. Waktu penelitian dilaksanakan pada tahun 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah Masyarakat Muslim Kelurahan Harapan Baru Samarinda Seberang yang berjumlah 9.061 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 126 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling yaitu area cluster sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan penulis adalah korelasi regresi. Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah antara variabel X dan variabel Y terdapat pengaruh yang sangat kuat. Berdasarkan perhitungan diketahui pada taraf signifikasi 5% maka diperoleh t_tabel 1,979 sedangkan thitung diperoleh 7,355. Hal ini menjelaskan bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel, dengan kata lain apabila thitung 7,355 ˃ ttabel 1,979 maka dapat diartikan bahwa terdapat tingkat pengaruh pemahaman keagamaan terhadap keputusan memilih produk halal masyarakat muslim Kelurahan Harapan Baru Samarinda Seberang.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectPENGARUH PEMAHAMAN KEAGAMAANen_US
dc.titlePengaruh Pemahaman Keagamaan dalam hal konsumsi Terhadap Keputusan Memilih Produk Halal Masyarakat Muslim Kelurahan Harapan Baru Samarinda Seberangen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record