Show simple item record

dc.contributor.authorEfendi, Muhammad Irfan Zainal
dc.date.accessioned2023-04-06T02:51:23Z
dc.date.available2023-04-06T02:51:23Z
dc.date.issued2022-10-17
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2614
dc.description.abstractABSTRAK Muhammad Irfan Zainal Efendi, 2022. “Strategi Bauran Pemasaran Syariah (Studi Kasus Sayuran Hidroponik Hani Farm Samarinda)” Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Darmawati, M.Hum sebagai Pembimbing I dan Bapak Alias Chandra M.E.I sebagai Pembimbing II Latar belakang penelitian ialah strategi pemasaran merupakan persoalaan yang harus diselesaikan dan diaplikasikan dalam segala macam bisnis dan usaha. Bauran pemasaran 7P merupakan kombinasi dari product, price, promotion, place, people, physical evidence, dan process yang disatukan. Dalam setiap bauran pemasaran memiliki peranan yang penting untuk mensukseskan pencapaian dalam pemasaran dan dalam setiap bauran perlu dilaksanakan berdasarkan pemasaran syariah. Hani Farm merupakan salah satu produsen sayuran Hidroponik yang dibudidaya dan dikelola pondok pesantren, yang mana santri berperan aktif didalamnya, Hani Farm juga telah diidentifikasi menggunakan strategi bauran pemasaran dengan omset yang meningkat sehingga penting untuk diteliti mengenai strategi bauran pemasaran Hani Farm Samarinda perspektif pemasaran syariah. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang diwawancarai ialah pimpinan Hani Farm, pembina dan pemasaran Hani Farm, koordinator lapangan dan karyawan Hani Farm, serta informan tambahan yaitu mantan pekerja Hani Farm, santri, dan pelanggan Hani Farm. Teknik analisis data ialah mereduksi data, penyajian data, lalu penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian bauran pemasaran Hani Farm Samarinda perspektif pemasaran syariah; Produk Hani Farm ialah sayuran dan jasa antar sayuran. Harga produk sayuran ditentukan berdasarkan harga pasar dan tariff produk jasa antar menggunakan tarif rata-rata dalam satu wilayah Kota Samarinda. Promosi dilakukan secara sales promotion, publicity, dan personal selling. Tempat berlokasi di pondok pesantren KH Harun Nafsi yang memiliki akses mudah dijangkau konsumen. SDM dibekali ilmu dan pembinaan serta diawasi koordinator lapangan dalam bekerja. Proses dilakukan mengikuti aturan standar dan proses pemesanan dibuat mudah dimengerti dan dikerjakan. Dalam strategi bauran pemasaran Hani Farm telah melaksanakannya dengan nilai-nilai pemasaran syariah yaitu shiddiq, amanah, fathanah, dan tablig. Serta prinsip-prinsip pemasaran syariah yaitu strategi, kebutuhan, halal, kesejahteraan, dan persetujuan timbal balik. Dan karakter pemasaran syariah yaitu teistis, etis, realistis, dan humanistis. Kata Kunci: Strategi, Pemasaran Syariah, Bauran Pemasaran, 7P, Hidroponik, Hani Farmen_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectStrategi, Pemasaran Syariah, Bauran Pemasaran, 7P, Hidroponik, Hani Farmen_US
dc.titleStrategi Bauran Pemasaran Syariah (Studi Kasus Sayuran Hidroponik Hani Farm Samarinda)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record