Pengaruh Gaya Hidup dan Minat Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Samarinda Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online” Skripsi
Abstract
ABSTRAK
Rina Pradita Sari, 2018. “Pengaruh Gaya Hidup dan Minat Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Samarinda Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online” Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Hj. Norvadewi, M.Ag dan Hj. Kokom Komariah, Sp, M.Si
Penelitian ini dilatar belakangi oleh mahasiswa yang mengacu pada perilaku konsumtif mahasiswa yaitu lebih mengikuti keinginan dari pada prioritas kebutuhan. Dalam mengikuti gaya hidup atau mode sesuai dengan perkembangan zaman dan akhirnya dimana mahasiswa itu sendiri tidak dapat membedakan antara kebutuhan dan keinginan dalam keputusan pemebelian secara online. Agama Islam selalu mengajarkan umatnya agar dapat membedakan antara kebutuhan dan keinginan, antara yang baik dan yang buruk. Sama halnya pada pengambilan keputusan pembelian, seorang muslim harus dapat memilih dan mengambil keputusan yang baik untuk dirinya. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh gaya hidup dan minat mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik yang digunkan untuk menentukan jumlah responden ialah menggunkan penelitian populasi karena jumlah responden kurang dari 100 dengan jumlah responden 86. Teknik pengumpulan data terdiri dari kuesioner. Untuk proses analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, dengan gaya hidup dan minat sebagai variabel bebas atau indipenden dan keputusan pembelian online shop sebagai variabel terikat atau dependen.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dengan menggunakan regresi linier berganda menunjukan persamaan regresi Y=15,557 +( -0,002X1) + 0,589X2 + e. Nilai ttabel untuk penelitian ini dengan taraf signifikan 5% adalah 1,988. Variabel gaya hidup memiliki nilai thitung sebesar -0,019 dengan tingkat signifikan 0,985 yang berarti bahwa variabel gaya hidup tidak perpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara online. Sedangkan variabel minat memilki thitung -4,000 dengan tingkat signifikan 0,985 yang berarti bahwa variabel minat berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara online. Selain itu, pada uji F menunjukan nilai Fhitung 18,096 dengan tingkat probilitas signifikan 0,000, sedangkan nilai Ftebel 3,107 yang berarti secara bersama-sama variabel gaya hidup dan minat berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara online. Dan pada hasil uji determinan, besarnya koefisien determinasi atau R Square adalah 0,305 hal tersebut berarti 30,5% variabel keputusan pembelian secara online dipengaruhi oleh gaya hidup dan minat mahasiswa sedangkan sisanya (100%-30,5%) adalah 69,5% dijelaskan oleh variabel lain diluar persamaan tersebut.
Kata Kunci: Gaya hidup, minat, keputusan pembelian