dc.description.abstract | Viandi Mauliddina Putri, 2022. “Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Membayar Zakat Di BAZNAS Kota Samarinda Yang Dimediasi Oleh Pengetahuan”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Akhmad Nur Zaroni, M. Ag dan Ahmad Syarif, M.Sc.
Pengeloalan zakat di Indonesia diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011. Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan BPS jumlah muslim di Kota Samarinda yang sebanyak 759.413 jiwa dan jumlah muzakki di BAZNAS sebanyak 628 orang. Jumlah yang sangat timpang tersebut menjadi tantangan tersendiri untuk BAZNAS Kota Samarinda dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif untuk memikat para calon muzakki. Perlunya promosi, kualitas pelayanan dan kepercayaan didasarkan oleh pengetahuan memegang peran penting dalam menumbuhkan keputusan masyarakat untuk membayarkan zakatnya di BAZNAS Kota Samarinda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah promosi, kualitas pelayanan, dan kepercayaan berpengaruh terhadap keputusan membayar zakat di BAZNAS Kota Samarinda yang dimediasi oleh pengetahuan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Penelitian ini menggunakan data primer dari angket dan dokumentasi. Adapun jumlah sampel sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu Random Sampling. Teknik analisis yang digunakan meliputi analisis statistik deskriptif , uji asumsi klasik, uji statistik yang terdiri dari uji t dan uji F dan koefisien determinasi (R2), analisis jalur path, dan uji sobel dengan alat bantu pengolahan data SPSS 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel promosi (X1), variabel kepercayaan (X3), dan variabel pengetahuan (Z) berpengaruh signifikan terhadap keputusan membayar zakat (Y). Sedangkan variabel kualitas pelayanan (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan membayar zakat (Y). Secara parsial variabel promosi (X1) dan variabel kualitas pelayanan (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap pengetahuan membayar zakat (Z). Sedangkan variabel kepercayaan (X3) berpengaruh signifikan terhadap pengetahuan membayar zakat (Z). Variabel pengetahuan tidak mampu memediasi promosi dan kualitas pelayanan. Sedangkan variabel pengetahuan mampu memediasi kepercayaan terhadap keputusan membayar zakat. | en_US |