Show simple item record

dc.contributor.authorWinata, Vira Paradina
dc.date.accessioned2023-05-08T00:55:19Z
dc.date.available2023-05-08T00:55:19Z
dc.date.issued2022-09-02
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2964
dc.description.abstractABSTRAK Vira Paradina Winata, 2022 “Pengaruh Harga, Produk dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Janji Jiwa Samarinda Dalam Perspektif Ekonomi Islan”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI Samarinda). Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Darmawati, M.Hum dan Ibu Irma Yuliani, SE.M.Si. Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya usaha kopi salah satunya ialah Kopi Janji Jiwa. Kopi adalah minuman unggulan di berbagai negara bahkan di negara Indonesia, dengan maraknya pembukaan kedai-kedai kopi di berbagai daerah. Persaingan usaha di berbagai kedai kopi semakin dituntut untuk berkiprah lebih cepat dalam menarik konsumen. Kedai kopi yang memiliki konsep pemasaran perlu tahu perilaku konsumen dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembeliannya. Pada usaha-usaha pemasaran sebuah produk yang dilakukan wajib memenuhi kondisi usaha supaya bisa mencapai keunggulan bersaing. Setiap pelaku usaha harus berupaya membangun serta mempertahankan barang atau jasa yang diinginkan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Harga, Produk dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Janji Jiwa Samarinda Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan ialah deskriptif asosiatif. Teknik pengambilan sampel ialah non probability sampling dengan menggunakan metode sampling accidental. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah primer dan sekunder. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu dengan menggunakan rumus Cochran dengan sampel yang diperoleh sebanyak 96 responden dan dibulatkan menjadi 100 responden. Metode dalam pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, angket (kuesioner), dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari (uji normalitas, uji multikoliniearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi dan uji linearitas), dan uji analisis regresi linear berganda yang terdiri dari (uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel harga tidak berpengaruh signifikan Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Janji Jiwa Samarinda dengan nilai sig sebesar 0,095 > 0,05 , variabel Produk berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Kopi Janji Jiwa Samarinda dengan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05, dan variabel Tempat tidak berpengaruh signifikan Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Janji Jiwa Samarinda Dalam Perspektif Ekonomi Islam dengan nilai sig sebesar 0,271 > 0,05. Sedangkan variabel harga, produk, dan tempat secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Kopi Janji Jiwa Samarinda dalam perspektif Ekonomi Islam dengan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa 49,0% variable Keputusan Pembelian di pengaruhi oleh Harga (X1), Produk (X2), dan Tempat (X3). Dan sisanya (100% - 49,0%) = 51,0% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Jadi kontribusi pengaruh dari semua variable dalam penelitian ini adalah 51,0%. Kata Kunci : Harga, Produk, Tempat, Keputusan Pembelianen_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectHarga, Produk, Tempat, Keputusan Pembelianen_US
dc.titlePengaruh Harga, Produk dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Janji Jiwa Samarinda Dalam Perspektif Ekonomi Islamen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record