Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Kepuasan Konsumen AFN Laundry Samarinda Seberang
Abstract
ABSTRAK
Nurul Shafa Inayah, 2022 “Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Kepuasan Konsumen AFN Laundry Samarinda Seberang”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Mursyid. S.Ag., MSI dan Ibu Kokom Komariah, S.P., M.Si.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya usaha jasa laundry diberbagai daerah. Persaingan usaha diberbagai daerah perlunya memperhatikan kualitas jasa pada suatu usaha agar mencapai kepuasan konsumen. Usaha pemasaran suatu produk/jasa wajib memenuhi kondisi baik supaya dapat unggul dalam bersaing. Setiap pelaku usaha perlunya membangun serta mempertahankan produk/jasa yang diinginkan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan islami terhadap kepuasan konsumen AFN Laundry Samarinda Seberang.
Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah primer dan sekunder. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu menggunakan rumus Lemeshow dengan sampel yang diperoleh sebanyak 96 responden dan dibulatkan menjadi 100 responden. Metode dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari (uji normalitas, uji multikoliniearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, dan uji linearitas), uji analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis yang terdiri dari (uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi R2).
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Compliance tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai sig. sebesar 0,150 > 0,05, Assurance tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai sig. sebesar 0,608 > 0,05, Reliability tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai sig. sebesar 0,866 > 0,05, Tangible berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai sig. sebesar 0,008 < 0,05, Emphaty berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai sig. sebesar 0,001 < 0,05, dan Responsiveness berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai sig. sebesar 0,002 < 0,05. Kemudian untuk seluruh variabel diuji secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05. Pengaruh seluruh variabel pada penelitian ini sebesar 63,3% sedangkan 36,7% dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen