Manajemen Kesiswaan Dalam Kedisiplinan Siswa di Madrasah Aliyah An-Nur samarinda
Abstract
Muhammad Faisal, 2023. “Manajemen Kesiswaan Dalam Kedisiplinan
Siswa di Madrasah Aliyah An-Nur samarinda”. Skripsi Manajemen Pendidikan
Islam Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Ilmu Keguruan,
Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian
ini dibimbing oleh ibu Wahdatunnisa, MA selaku dosen Pembimbing I dan bapak
Dr. Achmad Ruslan Afendi, M.Ag selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa Permasalahan kedisiplinan siswa di
madrasah seringkali mencakup kurangnya keteraturan dan kepatuhan terhadap
peraturan madrasah, seperti kehadiran siswa yang tidak tepat waktu, keterlambatan
memasuki kelas, atau siswa yang tidak mematuhi peraturan pakaian madrasah.
Salah satu upaya yang dilakukan Madrasah Aliyah An-Nur Samarinda yaitu
membuat program Siswa Penggerak Disiplin (SPD). Adapun bentuk dari program
ini yaitu apel pagi setiap hari atau baris pagi di depan kelas dengan membacakan
janji siswa dan juga salah satu bentuk dari program ini yaitu kegiatan Tadribul
Khithobah (ceramah) yang dilaksanakan setiap hari sabtu setelah shalat
dzuhur.Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengetahui manajemen
kesiswaan dalam kedisiplinan siswa di Madrasah Aliyah An-Nur Samarinda dan
Untuk mengetahui kedisiplinan siswa di Madrasah Aliyah An-Nur Samarinda.
Metode penelitian ini yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Adapun
jenis penelitian yang peneliti gunakan ialah penelitian lapangan (Field Research)
Sumber data penelitian ini yaitu kepala madrasah, waka kesiswaan, guru dan siswa
Madrasah Aliyah An-Nur Samarinda. Teknik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara interaktif dan
berlangsung secara terus menerus sampai tuntas menggunakan kondensasi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan, dan keabsahan data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Kedisiplinan siswa di Madrasah
Aliyah An-Nur Samarinda mencakup ketaatan, kesetiaan, dan ketertiban siswa. Hal
itu dapat dilihat dari perilaku siswa yang menghargai peraturan madrasah serta
mampu mengaplikasikan penghargaannya melalui perbuatan dan tindakannya. 2.
Manajemen kesiswaan di Madrasah Aliyah An-Nur Samarinda terdiri dari kegiatan
perencanaan kesiswaan, pelaksanaan kesiswaan dan evaluasi kesiswaan. Kegiatan
perencanaan kesiswaan dilakukan untuk menentukan jumlah siswa yang akan
diterima, langkah-langkah dalam merekrut siswa baru serta menentukan sistem
penerimaan siswa baru. Kegiatan pelaksanaan kesiswaan dengan memberikan
orientasi kepada siswa baru, pengelompokkan siswa (pembagian kelas), pembinaa
siswa dengam dilakukan melalui pemberian layanan-layanan khusus yang
menunjang manajemen kesiswaan dan melakukan pembinaan terhadap kegiatan
ekstrakurikuler siswa. Kegiatan evaluasi dengan malakukan kegiatan evaluasi
kesiswaan