Implementasi Manajemen Sekolah di SDN 002 Samarinda Kota
Abstract
ABSTRAK
Reza Anggraeni, 2022. “Implementasi Manajemen Sekolah di SDN 002 Samarinda Kota”. Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Jurusan Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M. Pd. selaku Pembimbing I dan Bapak Dr. Agus Setiawan, M. Pd. I. selaku Pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini yaitu terkait Implementasi Manajemen Sekolah di SDN 002 Samarinda Kota. Ialah karena telah menampilkan kualitas sumber daya manusia yang cukup baik dalam pengelolaan administrasi disekolah. Hal ini dapat dilihat dari antusias masyarakat yang ingin menyekolahkan anaknya di SD yang terbilang favorit. Memperoleh akreditasi A, menerima penghargaan sekolah Adiwiyata Nasional, serta siswa dan siswinya yang berprestasi baik dari segi akademik maupun non akademik. Hal ini tentu tidak terlepas dari manajemen mutu yang cukup baik di sekolah. oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Implementasi Manajemen Sekolah di SDN 002 Samarinda Kota. Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui Implementasi Manajemen Sekolah di SDN 002 Samarinda Kota.
Menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data primer yaitu kepala sekolah, kepala tata usaha, dan guru. Sumber data sekunder yaitu dokumen seperti profil sekolah, juknis. Menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Menggunakan data condensation, data display, dan conclusion drawing/verifications pada analisis data. Menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode pada uji keabsahan data.
Hasil penelitian Implementasi Manajemen Sekolah di SDN 002 Samarinda Kota, yang meliputi: Bagian administrasi tata usaha mengurus administrasi mutasi siswa seperti penerimaan dan perpindahan siswa, dan juga mengupayakan agar bisa memanfaatkan berbagai sumber daya yang ada di sekolah, dengan begitu bias membangun kerjasama mulai dari perencanaan hingga pengawasan dalam bidang personalia secara efektif dan efisien. Bagian kesiswaan melakukan analisis kebutuhan peserta didik, melakukan rekrutmen dan seleksi peserta didik serta melakukan pengendalian kegiatan siswa dalam rangka menegakkan kedisiplinan siswa di sekolah, dan juga melaksanakan perencanaan peserta didik dari awal masuk sekolah sampai keluar sekolah dalam suatu lembaga pendidikan. Guru menciptakan suasana pembelajaran yang pakem, aktif, kreatif dan menyenangkan sehingga menghasilkan output yang berkualitas dan juga mengikuti pelatihan pembelajaran dan diimplementasikan ke siswa, dengan begitu maka dapat menghasilkan murid-murid atau lulusan yang berkualitas. Semua bidang di SDN 002 Samarinda Kota yang telah disebutkan diatas sudah melaksanakan kegiatan administrasi manajemen sekolah dengan baik.