Show simple item record

dc.contributor.authorShabirin, Akhmad
dc.date.accessioned2023-05-17T01:14:54Z
dc.date.available2023-05-17T01:14:54Z
dc.date.issued2022-10-19
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3010
dc.description.abstractABSTRAK Akhmad Shabirin. 2022. Pengaruh Motivasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Mahasiswa UINSI Menjadi Nasabah Bank Sampah Syariah di UINSI Samarinda. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Parno, S.E., MSI dan Hj. Kokom Komariah, SP., M.Si. Bertambahnya penduduk membuat volume produksi sampah juga semakin meningkat, diiringi pula kemajuan teknologi yang pesat membuat produk yang dihasilkan semakin banyak dan beragam, sehingga sampah yang dihasilkan masyarakat juga beragam. Banyaknya timbulan sampah ini akan berdampak buruk bagi lingkungan serta perekonomian. Oleh karenanya sampah-sampah yang ada harus dikelola dengan baik agar sampah tersebut dapat menjadi barang yang bermanfaat dan mempunyai nilai ekonomi. Adapun salah satu lembaga atau organisasi yang berperan dalam pengelolaan sampah ialah bank sampah syariah seperti yang ada di UINSI Samarinda, namun kenyataannya minat seseorang untuk bergabung dengan bank sampah tidak hadir begitu saja. Salah satunya ialah dengan adanya motivasi, semakin termotivasi seseorang maka semakin besar minatnya terhadap sesuatu. Faktor selanjutnya ialah kualitas pelayanan, semakin baik pelayanan yang diberikan maka semakin berminat seseorang terhadap sesuatu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi dan kualitas pelayanan terhadap minat baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini ialah mahasiswa aktif UINSI Samarinda pada tahun 2018 sampai 2022 yang berjumlah sebanyak 6.758 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling melalui metode Simple Random Sampling, dengan sampel sebanyak 99 responden menggunakan perhitungan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang disebar melalui google form dan dokumentasi. Teknik analisis data yakni transformasi data ordinal ke interval (MSI), uji instrument, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi dan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, hasil uji t (parsial) diketahui bahwa motivasi (X1) tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa UINSI menjadi nasabah Bank Sampah Syariah di UINSI Samarinda, sedangkan Kualitas pelayanan (X2) berpengaruh terhadap minat mahasiswa UINSI menjadi nasabah Bank Sampah Syariah di UINSI Samarinda. Secara simultan motivasi (X1) dan kualitas pelayanan (X2) berpengaruh terhadap minat mahasiswa UINSI menjadi nasabah Bank Sampah Syariah di UINSI Samarinda. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa sebesar 58,3% variabel minat dipengaruhi oleh motivasi (X1) dan kualitas pelayanan (X2), sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata Kunci: Motivasi, Kualitas Pelayanan, Minaten_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectMotivasi, Kualitas Pelayanan, Minaten_US
dc.titlePengaruh Motivasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Mahasiswa UINSI Menjadi Nasabah Bank Sampah Syariah di UINSI Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record