Show simple item record

dc.contributor.authorRahmadani, Rahmadani
dc.date.accessioned2023-05-29T02:07:20Z
dc.date.available2023-05-29T02:07:20Z
dc.date.issued2022-10-25
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3037
dc.description.abstractABSTRAK Rahmadani 2022. “ Optimalisasi Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah AR-Raudhah Samarinda “.Skripsi Program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Marniati Kadir, M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Rabiatul Adawiyah, M.Pd selaku pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi optimalisasi pembelajaran IPA pada siswa. Karena pembelajaran IPA pada siswa MI Ar Raudhah samarinda masih belum optimal. Dalam sebuah sistem pembelajaran pasti terdiri dari berbagai komponen yang saling berkaitan. Hal tersebut terlihat guru menggunakan dua aspek komponen pembelajaran yaitu model dan evaluasi. Selain hal itu pada pembelajaran IPA dikelas Guru menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Dan bentuk Evaluasi yang dipakai guru hanya penilaian sikap dan portofolio dan guru tidak menggunakan keterampilan dikarenakan memiliki keterbatasan waktu sehingga tidak ada penilaian keterampilan atau praktikum. Berdasarkan hal tersebut peneliti ingin melihat optimalisasi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Bagaimana optimalisasi proses perencanaan pembelajaran IPA pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Ar Raudhah samarinda. (2) Bagaimana optimalisasi pelaksanaan pembelajaran IPA pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Ar Raudhah samarinda. (3) Bagaimana optimalisasi evaluasi saat pembelajaran IPA pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Ar Raudhah samarinda. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Ar-Raudhah Samarinda.Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. keabsahan data dilakukan dengan tringulasi data dan tringulasi metode. Teknik analisis data pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil dari penelitian diketahui pada aspek perencanaan guru sudah mempersiapkan kegiatan belajar mengajar dengan baik, terbukti dengan adanya RPP Kurikulum 2013 yang digunakan pada kegiatan belajar siswa. Pelaksanaan Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas IV MI AR-Raudhah Samarinda yang dilaksanakan guru sudah sesuai prosedur mulai dari model Contextual Teaching and Learning,metode ceramah, tanya jawab dan penugasan, sedangkan media menggunakan media langsung yang bersifat kontekstual. Pada aspek Evaluasi yang dilakukan oleh guru meliputi evaluasi kognitif dan afektif untuk mengetahui hasil dari pembelajaran sudah sepenuhnya dilakukan. Pada aspek kognitif guru menggunakan instrumen checklist dengan kriteria – kriteria yang sesuai aspek penilaian, selain itu guru juga menggunakan fortofolio berdasarkan hasil ulangan harian. Aspek sikap guru menggunakan instrument checklist perilaku sikap.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectOptimalisasi, Pembelajaran IPAen_US
dc.titleOptimalisasi Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah AR-Raudhah Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record