Show simple item record

dc.contributor.authorRosadi, Yuda
dc.date.accessioned2023-05-29T02:23:49Z
dc.date.available2023-05-29T02:23:49Z
dc.date.issued2022-10-10
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3038
dc.description.abstractABSTRAK Yuda Rosadi. 2022. Efektifitas Model Pembelajaran Jigsaw Dalam Mengelola Partisipasi Aktif Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran IPA Di MI Ar Raudhah Samarinda. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pendidikan Madrasah Jurusan Pendidikan Madrasah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Abdul Razak, M.Pd dan Maulida Ulfa Hidayah, M. Pd. Pendidikan menjadi salah satu aspek kehidupan yang sangat mendasar bagi pembangunan bangsa suatu negara. Dengan pendidikan, diharapkan agar dapat mengembangkan potensi diri yang dimiliki manusia baik sebagai individu maupun sebagai makhluk sosial. Partisipasi aktif siswa dalam belajar merupakan persoalan mendasar yang harus dipahami, disadari, dan dikembangkan oleh setiap guru di dalam proses pembelajaran. Adapun faktor pendukung untuk mencapai tujuan tersebut salah satunya adalah menentukan model pembelajaran yang sesuai. Salah satu model alternatif yang dapat diterapkan dalam pembelajaran ialah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Tipe pembelajaran kooperatif ini dianggap cocok dalam upaya meningkatkan dan mempertahankan partisipasi aktif siswa. Model pembelajaran ini sangat berguna untuk membantu siswa menumbuhkan kemampuan kerja sama, berpikir kritis dan kemampuan membantu teman. Pembelajaran ini akan menciptakan siswa untuk berpartisipasi dan ikut serta secara aktif sehingga antar siswa akan berfikir bersama, berdiskusi bersama, melakukan penyelidikan bersama dan berbuat ke arah yang sama. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran jigsaw dalam mengelola partisipasi aktif siswa kelas IV MI Ar Raudhah Samarinda. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode Eksperimental Research dan desain Quasi Exsperimental. Populasi dalam penelitian ini ialah siswa kelas IV di MI Ar Raudhah Samarinda tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel ialah sampel jenuh, dengan sampel sebanyak 46 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan kuesioner. Teknik uji prasyarat data yakni Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model jigsaw Efektif dalam pembelajaran IPA materi perkembangbiakan pada hewan dapat mengelola partisipasi aktif siswa kelas IV MI Ar-Raudhah Samarinda dengan diperoleh nilai Sig (2-tailed) yaitu 0,026 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel, yaitu 2,329 > 1,681 yang membuat hipotesis Ha di terima. Kata Kunci: Jigsaw, Partisipasi Aktif Siswa.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectJigsaw, Partisipasi Aktif Siswaen_US
dc.titleEfektifitas Model Pembelajaran Jigsaw Dalam Mengelola Partisipasi Aktif Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran IPA Di MI Ar Raudhah Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record