Pengaruh bimbingan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar metematika di SDN 029 Dusun Bensamar Kutai Kartanegara tahun Pelajaran 2017/2018.
Abstract
ABSTRAK
Norhasanah 2018, “Pengaruh bimbingan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar metematika di SDN 029 Dusun Bensamar Kutai Kartanegara tahun Pelajaran 2017/2018.” Skripsi, Program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Muhammad Muklis M.Hum selaku Pembimbing I dan ibu Siti Nasiah M. Pd selaku Pembimbing II.
Latar belakang dari penelitian ini adalah bahwa asumsi dari bimbingan orang tua merupakan bagian dari sebuah pencapaiaan prestasi belajar. Bimbingan orang tua menpunyai peran penting dalam proses belajar mengajar. Bimbingan yang diberikan orang tua dapat menumbuhkan semangat belajar dan tanggung jawab orang tua sehingga anak terdorong untuk melakukan kegiatan belajar. Maka hal ini dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar matematika siswa SDN 029 Dusun Bensamar. Mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika dan untuk mengetahui signifikansi antara bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, penelitian lapangan dengan menggunakan metode angket, dan wawancara untuk mendapatkan data yang berhubungan dengan SDN029 Dusun Bensamar dan uji statistik Product moment untuk mengetahui interprestasi bimbingan orang tua dan uji tes-t ada tidaknya pengaruh secara signifikan bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar matematika siswa SDN 029 Dusun Bensamar Kutai Kartanegara yang berjumlah 60 siswa. Untuk penelitian ini peneliti mengambil kelas tinggi yaitu kelas IV,V dan VI sebanyak 27 siswa.
Hasil perhitungan yang dilakukan secara manual dan diperkuat dengan program SPSS, hasil yang diperoleh rxy sebesar 0,655 yang berada pada interprestasi 0,40 s/d 0,699 yang berarti antara variabel X (bimbingan Orang Tua) dengan vaariabel Y (prestasi belajar Matematika ) terdapat pengaruh atau hubungan yang cukup atau sedang. Kemudian nilai signifikakan diperoleh thitung 5,74 ≥ ttabel 0,396, sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara bimbingan orang tua dengan prestasi belajar matematika siswa SDN 029 Dusun Bensamar. Adapun hasil nilai kontribusi koefisiensi determinan atau besar sumbangan dari bimbingan orang tua sebesar 42% dalam mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa SDN 029 Dusun Bensamar Kutai Kartanegara.