Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Masyarakat Muslim Menggunakan Quick Response Indonesia Standard (QRIS) Sebagai Media Pembayaran (Studi Kasus Masyarakat Kota Samarinda)
Abstract
ABSTRAK
Adnan Abdul Bari, 2022. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Masyarakat Muslim Menggunakan Quick Response Indonesia Standard (QRIS) Sebagai Media Pembayaran (Studi Kasus Masyarakat Kota Samarinda)”. Skripsi Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Agama Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Akhmad Nur Zaroni, M.Ag selaku Dosen Pembimbing I dan Ibu Fitriah Rahmah, S.E.I M.A selaku Dosen Pembimbing II.
Perkembangan sistem pembayaran di Indonesia yang sangat cepat dan maju, yang mana yang berawal dari pembayaran tunai menjadi pembayaran nontunai. Hal ini memunculkan beberapa jenis pembayaran non-tunai yang mana Emoney dan E wallet menjadi pembayaran yang sering digunakan, dan banyak sekali bermunculan aplikasi pembayaran baru. Momentum ini yang dimanfaatkan bank Indonesia untuk meluncurkan QRIS pada awal tahun 2020 sebagai media pembayaran yang menyatukan berbagai macam aplikasi. Dua tahun berlalu perkembangan QRIS menjadi semakin pesat dan wilayah Kalimantan Timur dan khususnya kota Samarinda juga pesat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi, keamanan, kemudahan,manfaat kenyamanan dan Risiko terhadap keputusan masyarakat muslim Kota Samarinda dalam menggunakan QRIS dan mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan dalam menggunakan QRIS Sebagai media Pembayaran.
Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah kuesioner. Jenis data yang digunakan ialah data primer dengan jumlah populasi yang digunakan ialah masyarakat muslim kota samarinda berjumlah 746.592 jiwa dengan sampel yang diambil sebanyak 100 orang dengan kriteria yaitu masyarakat muslim kota samarinda yang telah menggunakan QRIS. Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah uji regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil penelitian, inovasi (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan dengan nilai signifikan sebesar 0,352 lebih besar dari 0,1, keamanan (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan dengan nilai signifikan sebesar 0,0004 lebih kecil dari 0,1,kemudahanan (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan dengan nilai signifikan sebesar 0,969 lebih besar dari 0,1, manfaat (X4) berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan dengan nilai signifikan sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,1, kenyamanan (X5) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan dengan nilai signifikan sebesar 0,457 lebih besar dari 0,1, dan variabel Risiko (X6) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan dengan nilai signifikan 0,697 lebih besar dari 0,1. Dalam uji F nilai signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,1 atau dapat dikatakan inovasi, kemanan, kemudahan, manfaat, kenyamanan, dan risiko berpengaruh secara simultan terhadap keputusan penggunaan QRIS sebagai media pembayaran.
Kata Kunci: Inovasi, Keamanan, Kemudahan, Manfaat, Kenyamanan, Risiko dan QRIS.