Promosi Penjualan Melalui Facebook Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus pada PT Bakusam Express Indonesia)
Abstract
ABSTRAK
Gita Indri Prameswari, 2022. “Promosi Penjualan Melalui Facebook Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus pada PT Bakusam Express Indonesia). Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Muhammad Iswadi, M.SI dan Dedy Mainata, S.E, M.Ag.
Latar belakang dalam penelitian ini adalah era digital yang semakin maju memudahkan pengusaha dalam mempromosikan produknya di media sosial dan pengusaha akan melakukan cara apapun untuk mempromosikan produknya agar laku dan mendapatkan keuntungan sehingga sering kali mengabaikan kepentingan konsumen dan orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui promosi penjualan di Facebook yang digunakan PT Bakusam Express dalam penjualan ditinjau perspektif Ekonomi Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dimana peneliti mengambil data di lapangan secara sistematis. Penelitian ini bersifat Dekriptif yaitu data yang berupa gejala yang dikategorikan atau dalam bentuk lainnya seperti foto, dokumen, catatan di lapangan ketika penelitian dilakukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data primer adalah dari pemimpin PT Bakusam Express Indonesia sebagai key informan dan 3 konsumen yang menggunakan jasa PT Bakusam Express Indonesia sebagai informan tambahan dan sumber data sekunder adalah dari buku-buku pendukung, jurnal, dan website. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melakukan kegiatan promosi penjualan melalui Facebook ditinjau perspektif Ekonomi Islam yang diterapkan PT Bakusam Express Indonesia yaitu dengan menggunakan bauran promosi (promotion mix) antara lain periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung, penjualan personal dengan menerapkan adab dan etika promosi yang diteladani oleh Rasulullah Saw ketika melakukan kegiatan berpromosi antara lain tidak mengobral sumpah, jujur dalam menyampaikan informasi tentang produk, memenuhi akad yang telah disepakati serta tidak menjanjikan sesuatu sehingga tidak dapat ditepati, menghindari berpromosi secara palsu, dan rela dengan laba sedikit.
Kata Kunci: Bauran Promosi, Perspektif Ekonomi Islam, Facebook