Show simple item record

dc.contributor.authorsainudin, M. Ilham
dc.date.accessioned2023-06-05T02:31:50Z
dc.date.available2023-06-05T02:31:50Z
dc.date.issued2022-09-14
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3059
dc.description.abstractABSTRAK M. Ilham sainudin, 2022. “Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan, Adversity Quotient, dan Literasi Digital Terhadap Minat Mahasisawa UINSI Dalam Berwirausaha”. Skripsi Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Universitas Islam Negeri. Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Hj. Norvadewi, M. Ag dan Anwaril Hamidy M.Pd. Kewirausahaan berkontribusi terhadap inovasi, produktifitas penciptaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi. Pemerintah Indonesia pun mengakui pentingnya kewirausahaan dan menjadikan pengembangan kewirausahaan sebagai salah satu prioritas kerja Presiden. Jumlah wirausaha Indonesia saat ini baru mencapai 1,56% jumlah penduduk, padahal menurut standar Bank dunia jumlah ideal wirausaha adalah sebesar 4% dari jumlah penduduk negara tersebut. Dengan demikian, menurut Presiden Jokowi, Indonesia masih membutuhkan 5,8 juta wirausaha baru untuk mencapai rasio ideal tersebut. Saat ini banyak mahasiswa yang memiliki minat dan kemampuan yang besar untuk menjadi seorang wirausaha, dalam hal ini melalui mata kuliah kewirausahaan, adversity quotient, dan literasi digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh mata kuliah kewirausahaan, adversity quotient, dan literasi digital terhadap minat berwirausaha. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa UINSI samarinda yang telah mengikuti mata kuliah kewirausahaan. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan rumus slovin sebanyak 100 orang dengan menggunakan teknik random sampling dengan pengambilan anggota sampling dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Teknik analisis yang digunakan adalah teknik regresi linier berganda dengan program SPSS versi 26. Berdasarkan hasil perhitungan uji parsial, mata kuliah kewirausahaan, adversity quotient, dan literasi digital berpengaruh secara signifikan terhadap minat mahasiswa UINSI dalam berwirausaha. Hal ini berdasarkan nilai thitung dari variabel mata kuliah kewirausahaan: 2,756, adversity quotient: 3,860 dan literasi digital: 2,833, yang lebih besar dari nilai ttabel 1,660. Berdasarkan hasil uji simultan, mata kuliah kewirausahaan, adversity quotient, dan literasi digital berpengaruh secara signifikan terhadap minat mahasiswa UINSI dalam berwirausaha dengan nilai Fhitung (21,658) lebih dari nilai Ftabel (2,70). Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa ketiga variabel independen berpengaruh sebeesar 27,0% terhadap variabel dependen. Kata Kunci: Mata Kuliah Kewirausahaan, Adversity Quotient, Literasi Digital, Minat Wirausaha.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectMata Kuliah Kewirausahaan, Adversity Quotient, Literasi Digital, Minat Wirausaha.en_US
dc.titlePengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan, Adversity Quotient, dan Literasi Digital Terhadap Minat Mahasisawa UINSI Dalam Berwirausahaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record