Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap keputusan Pembelian di Angkringan Mastumin Samarinda Dalam Perspektif Ekonomi Islam
Abstract
ABSTRAK
Muhammad Arif Wahyu Prasetyo, 2022. “Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap keputusan Pembelian di Angkringan Mastumin Samarinda Dalam Perspektif Ekonomi Islam”. Skripsi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian dibimbing oleh Parno, S.E., M.SI dan Anwaril Hamidy, M.Pd.
Persaingan bisnis di bidang kuliner semakin ketat karena menawarkan berbagai hidangan dengan karakteristik yang unik dan mempunyai ciri khasnya masing-masing. Tetapi di Angkringan Mastumin Samarinda ini memiliki khas yang unik sehingga konsumen tertarik dengan harga yang terjangkau, kualitas produk yang berkualitas dan lokasi yang strategis sehingga keputusan pembelian konsumen dari segala kalangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas produk dan lokasi secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian di Angkringan Mastumin Samarinda dalam perspektif Ekonomi Islam.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan asosiatif kausal. Penelitian ini menggunakan data primer dari angket yang diisi oleh konsumen Angkringan Mastumin Samarinda. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Angkringan Mastumin di kota Samarinda. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunaan rumus Cochran sebanyak 96 responden dengan menggunakan teknik probability sampling dengan metode simple random sampling. Teknik analisis yang digunakan meliputi analisis deskripsi, uji asumsi klasik, analisis regresi liniear berganda, dan uji hipotesis yang terdiri dari uji t dan uji F, dan koefisien determinasi (R2) dengan pengolah data program SPSS 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga, kualitas produk dan lokasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Angkringan Mastumin Samarinda dalam perspektif Ekonomi Islam. Selanjutnya hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga, kualitas produk dan lokasi secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Angkringan Mastumin Samarinda dalam perspektif Ekonomi Islam.
Kata Kunci: Harga (X1), Kualitas Produk (X2), Lokasi (X3) dan Keputusan Pembelian (Y)