Pemanfaatan Pojok Baca dalam Meningkatkan Minat Baca pada Siswa Kelas III di MI DDI Tani Aman Samarinda
Abstract
Risdayanti.“Pemanfaatan Pojok Baca dalam Meningkatkan Minat Baca pada Siswa Kelas III di MI DDI Tani Aman Samarinda”, 2022. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penulisan skripsi ini di bawah bimbingan Ibu Juhairiah, M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Zakiyah Ulfah, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi keberadaan pojok baca yang diterapkan disetiap kelas sebagai upaya dalam meningkatkan minat baca siswa MI DDI Tani Aman Samarinda. Minat baca serta kebiasaan membaca merupakan usaha yang harus dimulai seawal mungkin. Karena menumbuhkan minat atau kegemaran membaca tidak dapat dicapai secara langsung melainkan harus melalui proses dalam penanaman dan pembiasaan yang berturut-turut. Tujuan penelitian untuk mengetahui pemanfaatan pojok baca dalam meningkatkan minat baca pada siswa kelas III di MI DDI Tani Aman Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian sumber data digolongkan menjadi dua yaitu data primer data yang diperoleh seorang peneliti secara langsung, dan data sekunder adalah data dari dokumen, publikasi dalam bentuk jadi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis dari Miles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari tiga langkah, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan pojok baca di MI DDI Tani Aman sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran, sarana edukasi literasi 10 menit untuk membaca di pojok baca, penggunaan koleksi pojok baca sebagai media pembelajaran, bahan pembelajaran dan lingkungan pembeljaran. Kondisi minat baca siswa kelas III di MI DDI Tani Aman terlihat pada ketersediannnya sarana dan prasarana pojok baca. Melalui pemanfaatan pojok baca dalam meningkatkan minat baca siswa diharapkan bias menanamkan kepada peserta didik untuk menciptakan kebiasaan membaca siswa. Selain itu pemanfaatan pojok baca ini sebagai sumber belajar yang digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar. Pojok baca sebagai sumber belajar bisa dikatakan sebagai koleksi buku yang berada di dalam kelas yang dilengkapi dengan rak buku, dekorasi, serta hiasan yang dipajang di sudut ruangan. Pemanfaatan pojok baca ini juga didukung dengan sarana prasarana yang memadai, ada banyak karya siswa yang menjadikan tempat menarik sehingga siswa nyaman dalam membaca di ruangan. Dalam pemanfaatan dan pengelolaan pojok baca antusias siswa semakin meningkat terlebih jika koleksi buku yang bergambar akan lebih meningkatkan minat baca