Peran Home industry dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga perspektif Ekonomi Islam (Study kasus pada Home Industry Mie Telur UD Sarindo Jaya Samarinda)
Abstract
ABSTRAK
Feby Kurnia, 2022. “Peran Home industry dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga perspektif Ekonomi Islam (Study kasus pada Home Industry Mie Telur UD Sarindo Jaya Samarinda). Skripsi, jurusan Ekonomi Syari’ah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Unversitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Hj. Norvadewi M.Ag. dan Bapak Alias Candra M.E.I.
Latar belakang dari penelitian ini adalah bahwa hasil produksi Home Industry belum terlalu dikenal masyarakat awam di Samarinda. Tak terkecuali bagi para distributor dan pengecer yang berdagang di pasaran. Seperti produksi mie mentah tidak banyak yang tahu, mie tersebut di buat oleh pengusaha Home Industry pasangan suami istri Fredi Dan Emmy di Jalan Padat Karya, Kelurahan Sempaja Utara Samarinda. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan Home industry UD Sarindo Jaya dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga karyawan di tinjau dari perspektif ekonomi Islam.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif, pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi pada penelitian ini adalah Kelurahan Sempaja Utara Kota Samarinda. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman, yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian, bahwa Home industry UD Sarindo Jaya merupakan kegiatan usaha yang mampu memberikan pelayanan ekonomi kepada masyarakat sekitar Kelurahan Samarinda Utara dan memiliki peran dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, selain itu juga meningkatkan kesejahteraan khususnya bagi keluarga karyawan. Dalam tinjauan ekonomi Islam Home industry UD Sarindo Jaya sudah dijalankan dengan baik dan sejalan dengan syariat Islam, tentang pemasaran hasil produksi, peneliti tidak melihat adanya riba, gharar dan maisir dalam pemasaran yang dilakukan oleh responden di Kelurahan Sempaja Utara. Pemasaran dilakukan dengan mendistribusikan barang secara langsung dari produsen ke konsumen atau agen. Jadi praktik yang dilakukan sangat sederhana yaitu harga diterima setelah barang diserahkan.
Kata Kunci: Peran Home industry, Kesejahteraan Keluarga Dalam Perspektif Islam.