Show simple item record

dc.contributor.authorArso, Siswo Dwi
dc.date.accessioned2023-06-13T01:35:47Z
dc.date.available2023-06-13T01:35:47Z
dc.date.issued2022-12-17
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3100
dc.description.abstractABSTRAK Siswo Dwi Arso. 2023. Analisis Strategi Marketing Syariah Kelompok Tani Hidroponik Idzajaya Desa Purwajaya Kabupaten Kutai Kartanegara. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Tikawati, S.E, M.Si dan Dharma Yanti,S.E, M.Si. Perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini tidak hanya mempengaruhi bidang sosial budaya, pendidikan, informasi dan sebagainya, tetapi juga sudah menyentuh bidang pertanian. Tak heran, saat ini terdapat berbagai teknik pertanian yang baru dan salah satunya adalah hidroponik. Desa Purwajaya merupakan salah satu desa maju di Kecamatan Loa Janan. Di Desa Purwajaya terdapat Kelompok Tani yang menerapkan sistem hidroponik dalam konsep pertaniannya yaitu Kelompok Tani Hidroponik Idzajaya. Kelompok Tani Hidroponik Idzajaya sendiri memiliki produk sayuran segar yang terjamin kualitasnya٧dan٧100%٧organik٧yang٧diberi٧nama٧“GOFRESH”.٧Sehingga٧penelitian٧ ini bertujuan untuk mengetahui strategi marketing syariah sayuran hidroponik Kelompok Tani Hidroponik Idzajaya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan menghasilkan data deskriptif dengan menggunakan penelitian lapangan (Field Research). Populasi dalam penelitian ini ialah 21 anggota kelompok tani hidroponik Idzajaya dan 2 orang konsumen hidroponik. Teknik pengambilan sampel ialah probability sampling, dengan sampel 4 anggota kelompok tani hidroponik Idzajaya dan 2 pelanggan sayuran hidroponik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yakni reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa produk sayuran yang dibudidayakan oleh Kelompok Tani Hidroponik Idzajaya adalah kangkung,bayam merah,bayam hijau,selada, pakcoy, kale, seledri dan daun mint dengan variasi hal Harga jualnya berdasarkan pada banyaknya faktor mulai dari faktor pembelian nutrisi, harga benih, waktu panen, packaging, serta faktor cuaca. Kelompok Tani Hidroponik Idzajaya sudah mempunyai tempat pendistribusian sayuralmn hidroponik seperti: Hypermart Bigmall, Farmer Market Samarinda Central Plaza dan Indomaret Fresh. Promosi yang dilakukan oleh kelompok petani hidroponik Idzajaya ialah dari mulut ke mulut. Selain itu, juga mempromosikan produknya ke sosial media seperti instagram dan whatsapp. Strategi marketing: Produk, Harga, Tempat dan Promisi. Karakteristik pemasaran syariah yang diterapkan ialah Ketuhanan(Rabbaniyah), Etis (akhlaqiyyah), Humalmnistis (Insalmniyyalh), dan Realistis. Kata Kunci : Strategi Marketing Syariah, Sayuran Hidroponiken_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectStrategi Marketing Syariah, Sayuran Hidroponiken_US
dc.titleAnalisis Strategi Marketing Syariah Kelompok Tani Hidroponik Idzajaya Desa Purwajaya Kabupaten Kutai Kartanegaraen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record