Show simple item record

dc.contributor.authorRizki, Elma Meliana
dc.date.accessioned2023-06-19T01:10:49Z
dc.date.available2023-06-19T01:10:49Z
dc.date.issued2023-05-22
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3115
dc.description.abstractABSRTAK Elma Meliana Rizki, 2023. “ Pengaruh E-Money dan TikTok Shop Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda” Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas, Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Darmawati, M.Hum dan Tika Parlina, M.M. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh E-Money yang terus mengalami kenaikan secara signifikan di Indonesia mulai dari produk, perusahaan penerbit, dan penggunanya. Selain itu, kemajuan pada sistem perdagangan di Indonesia yang signifikan yang didorong oleh keadaan masa pandemic covid-19 dan berlanjut sampai sekarang. Indonesia adalah negara terbesar kedua yang menggunakan aplikasi TikTok setelah Amerika Serikat. Dengan jumlah pengguna sebesar 1,4 miliyar pengguna aktif bulanan pada kuartal pertama pada tahun 2022. Pengguna ini didominasi oleh usia 20-29 tahun. TikTok bukan hanya sekedar aplikasi media sosial, tapi juga merupakan aplikasi ang menggabungkan antara media sosial dengan E-Commerce. TikTok Shop yang merupakan salah satu dari platform pada E-Commerce juga terus mengalami perkembangan khususnya di Indonesia. Sehinggan tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh E-Money dan TikTok Shop secara parsial maupun simultan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitaif. Objek penelitian ini adalah Mahasiswa UINSI Samarinda. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa UINSI Samarinda. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu sesuai dengan hasil perhitungan dengan menggunakan rumus slovin yaitu sebanyak 100 responden dengan metode Purposive Sampling. Data yang dipakai pada penelitian ini data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan data yang telah diuji dan diolah maka diperoleh hasil dari penelitian ini yaitu untuk variabel E-Money secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa, Nilai signifikansi 0,277 > 0,05, dan nilai t hitung 1,093 < tTabel 1,984. Begitu juga untuk variabel TikTok Shop tidak berpengaruh signifikan terhadap bagian perilaku konsumtif mahasiswa, nilai signifikansi 0,073 > 0,05, dan nilai t hitung sebesar 1,810 < t tabel 1,984. Namun secara simultan untuk variabel E-Money dan TikTok Shop berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,042 < 0,05 dan nilai F hitung 3,272 > 3,090. Kata Kunci: E-Money, TikTok Shop, dan Perilaku Konsumtifen_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectE-Money, TikTok Shop, dan Perilaku Konsumtif.en_US
dc.titlePengaruh E-Money dan TikTok Shop Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record