dc.description.abstract | ABSTRAK
Arif Syaifullah, 1711102058. “Taggapan Mahasisa Terhadap Kepuasan Kinerja Pelayanan Akademik Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penulis skripsi ini di bawah bimbingan Bapak Dr. Husni Idris, M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Dr. Ity Rukiyah, M.Si selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini ialah FTIK merupakan fakultas terbesar di UINSI Samarinda dengan permasalahan yang ada di dalamnya, salah satunya mengenai tata kelola pegawai akademik yang secara tidak langsung selalu melayani mahasiswa dalam hal keakademikan. Adanya indikasi-indikasi permasalahan dan keluhan-keluhan mahasiswa yang dirasakan tentang pelayanan akademik yang masih kurang tanggap dalam hal merespon kebutuhan mahasiswa, kurang ramah dalam merespon tanggapan mahasiswa dan harus menunggu lama saat ingin bertemu pegawai akademik berdasarkan kebutuhan mahasiswa dalam pelayanan akademik mahasiswa aktif strata S1 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yakni dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan model Miles and Hubberman yakni reduksi data, penyajian data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik riangulasi.
Hasil penelitian tentang tanggapan mahasiswa terhadap kepuasan kinerja pelayanan akademik Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda mengenai kedisplinan petugas pelayanan masih belum memenuhi harapan karna masih ada beberapa pelayan akademik datang tidak tepat waktu, mengenai tanggung jawab petugas pelayanan sudah memenuhi harapan mahasiswa yang dimana tugas dan fungsi berjalan sesuai tugasnya, kemampuan tugas pelayanan sudah cukup cekatan dan merespon dengan cepat kebutuhan mahasiswa, kesopanan dan keramahan petugas pelayanan adalah tanggapan mahasiswa FTIK terhadap pelayanan akademik tersebut sesuai dengan apa yang diharapkan mahasiswa. Hal ini diperkuatkan oleh hasil wawancara maupun fakta di lapangan, bahwa staf akademik dapat bekerja secara profesional. | en_US |