Upaya Meningkatkan Pembelajaran IPS Dengan Menerapkan Metode Diskusi Pada Siswa Kelas IV SD Islam Terpadu Az-Zukhruf Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Istiqomah, 2018. “Upaya Meningkatkan Pembelajaran IPS Dengan Menerapkan Metode Diskusi Pada Siswa Kelas IV SD Islam Terpadu Az-Zukhruf Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Madrasah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. H. Yahya, M.Pd sebagai pembimbing I dan Ibu Luluk Humaira Pimada, M.Pd.I sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar yang diperoleh siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu Az-Zukhruf Samarinda pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang belum memenuhi nilai KKM yang telah di tentukan. Sedangkan tujuannya yaitu untuk mengetahui bagaimana peningkatan siswa saat menggunakan metode diskusi di pembelajaran IPS didalam kelas. Metode diskusi sendiri memiliki banyak jenis diskusi yang bisa disesuaikan dengan tema pembelajaran IPS sehingga siswa bisa memahami materi yang disampaikan tanpa rasa jenuh karena siswa saling bertukar pendapat.
Peneliti ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud untuk melihat apakah ada peningkatan pada saat menggunakan metode diskusi di kelas IV, dimana kelas IV SD sudah termasuk kategori kelas tinggi sehingga siswa dapat bertukar pendapat melalui metode diskusi. Peneliti melihat nilai siswa di semester ganjil pada mata pelajaran IPS 70% di bawah KKM, sehingga guru mata pelajaran IPS kerap menggunakan metode diskusi pada semester genap. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara kepada guru mata pelajaran IPS dan dokumentasi serta teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan Verifikasi.
Penelitian ini berlokasi di SD Islam Terpadu Az-Zukhruf Samarinda dengan subjek penelitian guru dan siswa. Hasil penelitian ini di peroleh bahwa di SD Islam Terpadu Az-Zukhruf Samarinda khususnya pada mata pelajaran IPS peningkatan nilai siswa kelas IV dari semester ganjil ke semester genap mengalami peningkatan, sebelumnya 70% siswa di bawah rata-rata, setelah di semester genap nilai siswa sangat meningkat 90% di atas rata-rata/KKM. Berarti penggunaan metode diskusi pada pembelajaran IPS berhasil diterapkan.