Problematika Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achivement Division) Mata Pelajaran IPA MI Sullamul Ulum Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Nor Wahidah, 2018.“Problematika Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achivement Division) Mata Pelajaran IPA MI Sullamul Ulum Samarinda. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda.” Penelitian ini dibimbing oleh Dra.Etty Nurbayani, M.Pd dan Khusnul Khotimah, M.Si. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh proses interaksi antara pendidik dengan peserta didik, dalam interaksi tersebut, dibutuhkan komponenkomponen pendukung, diantaranya adalah tujuan yang ingin dicapai, siswa yang aktif, guru yang berperan, dan metode yang relevan. Dalam hal ini, pembelajaran IPA metode yang digunakan seorang guru sangat berperan dalam meningkatkan minat belajar siswa. Kenyataannya yang sering terjadi dalam pembelajaran IPA saat ini yaitu kurangnya variasi metode pembelajaran yang digunakan serta kesiapan siswa dalam menerima materi. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui masalah apa saja yang ada, faktor pendukung dan penghambat serta bagaimana solusi tentang problematika dalam penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD mata pelajaran IPA MI Sullamul Ulum Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang juga termasuk penelitian deskripsi kualitatif. Selanjutnya teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara kepada guru dan siswa, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan adalah melalui tahapan mengumpulkan data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwasannya masalah yang dihadapi guru dan siswa dalam penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran IPA, adalah kurangnya upaya guru memotivasi siswa dengan mengadakan apersepsi tetang peristiwa/ kejadian sehari-hari yang berkaitan dengan materi/ bahan ajar dan kurangnya kerjasama antar siswa. Faktor pendukung dalam penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu terbentuk sikap tanggung jawab dalam diri siswa, sosialisasinya antara siswa sehingga materi lebih mudah dipahami, sedangkan faktor penghambat antara lain kurangnya upaya guru dalam menguasai kelas, kurangnya media pembelajaran, dan membutuhkan waktu yang cukup lama.Solusi yang dapat dilakukan yaitu guru dapat memotivasi siswa dengan mengadakan apersepsi dalam proses presentasi kelas, guru dapat mempersiapkan media pembelajaran sebelum pembelajaran dimulai, dan guru harus dapat menguasai kelas dengan baik.