Show simple item record

dc.contributor.authorSaputri, Yuliani
dc.date.accessioned2023-06-26T03:00:29Z
dc.date.available2023-06-26T03:00:29Z
dc.date.issued2023-03-02
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3156
dc.description.abstractABSTRAK Yuliani Saputri, 2023.”Strategi Pemasaran Dalam Menumbuhkan Minat Masyarakat Pada Asuransi Jiwa Syariah (Studi Kasus Di PT Prudential Cabang Samarinda)”. Skripsi , Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Hj. Norvadewi, M. Ag dan Bapak Alias Candra, M. E. I. Salah satu Lembaga keuangan syariah yang saat ini berkembang di Inonesia yaitu Asuransi Syariah. Bertujuan untuk menjaga satu sama lain melalui dana Tabarru'. Dengan diluncurkannya Asuransi Syariah Prudential pada tahun 2007, PT Prudential telah dapat menawarkan Asuransi Jiwa Syariah kepada pihak yang berkepentingan. Saat ini terjadi peningkatan tingkat persaingan di industri asuransi. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh meningkatnya kesadaran dan minat masyarakat terhadap asuransi, khususnya di Kota Samarinda. Dalam menaikkan sasaran penjualan suatu produk dibutuhkan adanya strategi pemasaran yang tepat agar masyarakat merasa tertarik untuk berasuransi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh PT Prudential Cabang Samarinda dalam menumbuhkan minat masyarakat pada Asuransi Jiwa Syariah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif dengan pendekaan kualitatif, di mana sajian hasil temuan akan dipaparkan dalam bentuk naratif atau tertulis. Sumber data primer dalam penelitian ini ialah 2 Staf Admin PT Prudential Cabang Samarinda, 2 Financial Planer PT Prudential Cabang Samarinda, serta 3 orang Nasabah di PT Prudential Cabang Samarinda. Sedangkan sumber data sekunder pada penelitian ini ialah dokumen-dokumen resmi organisasi. proses pengumpulan data yaitu dengan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh PT Prudential Cabang Samarinda dalam menumbuhkan minat masyarakat pada Asuransi Jiwa Syariah Yaitu Menggunakan Strategi Marketing Mix (Bauran Pemasaran) 7P: Produk (Product) yaitu menciptakan produk Asuransi Jiwa Syariah yang beragam yaitu 6 jenis produk dengan manfaat yang berbeda-beda, Harga (Price) yaitu menawarkan banyak pilihan pembayaran harga sesuai dengan yang diinginkan masyarakat, Distribusi/Tempat (Place) yaitu dengan mendirikan kantor yang mudah dijangkau oleh masyarakat, keadaan ruangan kantor yang cukup memadai dengan menggunakan pendingin dan pengharum ruangan, Orang (People) yaitu melayani nasabah dengan ramah dan dengan skil komunikasi yang baik, Promosi (Promotion) yaitu dengan melakukan berbagai macam promosi salah satunya yaitu door to door, digital marketing dan media sosial, Proses (Procces) yaitu dengan memberikan proses yang cukup mudah kepada nasabah saat ingin mendaftar menjadi nasabah dan proses klaim, Bukti Fisik (Physical Evidence) yaitu dengan memberikan kwitansi saat adanya transaksi kepada nasabah. Kata kunci: Asuransi, Pemasaran, Prudential.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectAsuransi, Pemasaran, Prudential.en_US
dc.titleStrategi Pemasaran Dalam Menumbuhkan Minat Masyarakat Pada Asuransi Jiwa Syariah (Studi Kasus Di PT Prudential Cabang Samarinda)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record