dc.description.abstract | ABSTRAK
Nur Laila Rizqi Amalia, 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar IPA pada Peserta Didik Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ar Raudhah Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh ibu Marniati Kadir, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan ibu Lely Salmitha, M.Pd selaku dosen pembimbing II.
Penelitian yang bertujuan untuk menguji pengaruh dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe CRH pada hasil belajar IPA ini dilatar belakangi oleh suatu permasalahan yaitu masih terdapatnya peserta didik yang memiliki hasil belajar IPA yang belum tuntas atau tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), walaupun guru dalam proses pembelajarannya telah menggunakan model atau metode pembelajaran yang menarik. Maka dari itu, penulis tertarik untuk menggunakan model pembelajaran CRH yang dimana model pembelajaran CRH ini memiliki kelebihan, yaitu dapat membangun lingkungan belajar yang menyenangkan sehingga peserta didik dapat berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan bentuk quasiexperimental (eksperimental semu). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 47 peserta didik yaitu kelas V A sebagai kelas eksperimen dengan 24 peserta didik dan kelas V B sebagai kelas kontrol dengan 23 peserta didik. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu tes (pretest postets dengan menggunakan soal pilihan ganda), dan dokumentasi. Teknik keabsahan data memakai uji validitas, uji reliabilitas, dan uji tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data yang dipakai yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample t-test dan uji besar pengaruh (effect size).
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh dalam penggunaan model belajar kooperatif tipe CRH terhadap hasil belajar IPA pada peserta didik kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ar Raudhah Samarinda. Hal tersebut didasarkan pada perhitungan uji hipotesis memakai uji paired sample t-test memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Adapun hasil perhitungan besar pengaruh atau uji effect size kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan (memakai model pembelajaran CRH) memperoleh persentase 79% atau nilai effect size sebesar 0,8. Hal tersebut menjelaskan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe CRH berpengaruh tinggi pada hasil belajar IPA pada peserta didik kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ar Raudhah Samarinda. | en_US |