View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Gambar Tumbuhan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Sekolah Dasar Islamic Center Samarinda

Thumbnail
View/Open
Fatwa Hasanah.docx (15.63Kb)
Date
2023-03-16
Author
Hasanah, Fatwa
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Fatwa Hasanah, 2023. “Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Gambar Tumbuhan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Sekolah Dasar Islamic Center Samarinda”. Skripsi Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Mujahidah M.Si selaku pembimbing I dan Rabiatul Adawiyah, M.Pd selaku pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar IPA siswa yang masih rendah, dimana terdapat beberapa siswa yang masih kurang berpartisipasi/antusias dalam belajar. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan model pembelajaran yang kurang bervariasi seperti menggunakan metode ceramah tanpa dikombinasi dengan media pembelajaran dan tidak melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, yang mengakibatkan siswa kurang aktik. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh alat peraga gambar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan quasi eksperimen desain, yaitu kelas IV B sebagai kelas eksperimen dan kelas IV A sebagai kelas control. Desain yang digunakan yaitu pre-test post-test controlgroup design. Populasi penelitian diambil kelas IV yaitu 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan perhitungan N-Gain, uji prasyarat dan dilanjut dengan uji hipotesis. Berdasarkan perhitungan hasil analisis data penelitian, pada perhitungan uji hipotesis menggunakan uji Independent Sampel T-test dengan taraf signifikansi (a) sebesar 5% atau 0,05. Adapun kriteria pengambilan keputusannya adalah jika sig. (2-tailed) T-test < 0,05 atau t hitung < t tabel maka pengujian berhasil. Hasil dari uji t adalah 0,001 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha, diterima. Besarnya pengaruh penggunaan alat peraga gambar tumbuhan dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV adalah sebesar 66,7% yang diperoleh dari hitungan N-Gain Score. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan alat peraga gambar tumbuhan dalam meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3170
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah [234]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV