dc.description.abstract | ABSTRAK
Azizah Amini, 2023, “Efektivitas Penggunaan Media Kancing Pada Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Perkalian Di Kelas 2 Mi Ma’arif Samarinda”. Skripsi Jurusan Pendidikan Madrasah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI). Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Abdul Razak, M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Amalia Nur Aini, M.Pd selaku pembimbing II.
Terdapat 22 siswa dari 38 siswa di kelas 2 yang hasil belajarnya belum mencapai nilai KKM yaitu 75. 57,9% siswa yang belum memahami konsep perkalian yaitu perkalian adalah penjumlahan berulang, siswa banyak yang tidak semangat saat belajar matematika dan beranggapan matematika adalah pelajaran yang sulit hal tersebut terjadi karena saat proses belajarnya kurang menarik perhatian siswa dengan hanya menjelaskan dengan metode ceramah tanpa menggunakan media yang konkrit. Maka dari itu peneliti membuat media kancing yang diharapkan dapat menarik perhatian dan meningkatkan semangat siswa belajar matematika khususnya pokok pembahasan perkalian agar hasil belajarnya dapat lebih meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media kancing pada hasil belajar matematika pokok bahasan perkalian di kelas 2.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitatif eksperimen dengan desain Quasi Experimental atau eksperimen semu. Pada penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Populasinya sebanyak 114 siswa Jenis sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah simple random sampling yaitu seluruh siswa kelas 2B dan 2C berjumlah 75 siswa. Kelas 2B sebagai kelas kontrol dan kelas 2C sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji z)
Hasil penelitian ini dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics Versions 25 menunjukan bahwa nilai signifikansi 0,011 < 0,05 dan sama halnya dengan perhitungan manual uji Z menunjukkan 𝑍ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔= 2,64 > 𝑍𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 1,96. Artinya 𝐻0 ditolak dan 𝐻𝑎 diterima dengan nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen 65,3 dan nilai rata-rata post-test 83,4, sedangkan nilai rata-rata pre-test pada kelas kontrol 66,03 dan nilai rata-rata post-test 77. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kancing ini efektif pada hasil belajar matematika pokok bahasan perkalian siswa kelas 2. | en_US |