dc.description.abstract | ABSTRAK
Nira Suhartina, 2023, “Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Membangun Animo Orang Tua di SMP Muhammadiyah 5 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penulisan Skripsi ini di bimbing oleh Dr. Hj. Ity Rukiyah, M.Si selaku Pembimbing I dan Misbahul Fuad, M.Pd.I selaku Pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi dengan bertambah banyaknya lembaga pendidikan yang menyebabkan kompetisi antar sekolah yang semakin ketat dalam upaya membangun animo orang tua atau pengguna jasa pendidikan. Dimana mengaharuskan suatu lembaga pendidikan memiliki strategi yang tepat dalam memasarkan sekolah agar dapat dikenal oleh masyarakat secara luas. Dengan tersebar luasnya informasi mengenai SMP Muhammadiyah 5 Samarinda ini akan menjadi salah satu kekuatan bagi sekolah untuk tetap eksis ditengah masyarakat sehingga dapat menjaring lebih banyak lagi calon pendaftar peserta didik baru. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran jasa pendidikan dalam membangun animo orang tua di SMP Muhammadiyah 5 Samarinda dan apa saja faktor pendukung dan penghambatnya.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan model Miles dan Huberman, yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, dan penarikan kesimpulan. Uji kredibilitas dilakukan dengan triangulasi sumber. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Kordinator Humas, Staff Tata Usaha, dan beberapa Wali Murid/Orang Tua.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran jasa pendidikan dalam membangun animo orang tua di SMP Muhammadiyah 5 Samarinda yakni dengan menerapkan unsur bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari 7P yaitu Product, Price, Promotion, Place, People, Physical evidence, dan Process serta dalam penerapanya menggunakan pendekatan strategi pemasaran jasa pendidikan yang terdiri dari segmentasi pasar, targetting dan positioning. Faktor pendukung dalam kegiatan pemasaran ialah memiliki pemimpin yang mampu bekerja sama dengan anggotanya, banyak mendapatkan bantuan dari luar, serta prestasi akademik dan non akademik dan program keunggulan. Sedangkan faktor penghambat dalam kegiatan pemasaran ialah kurangnya prasarana seperti lahan sehingga tidak memungkinkan melakukan pembangunan kelas dilahan yang sama dikarenakan lahan tersebut digunakan untuk pembangunan SMA. | en_US |