Strategi Humas Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru di MTs Al-Muna Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Rahma Wita, 2023, “Strategi Humas Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru di MTs Al-Muna Samarinda”. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. Zurqoni, M.Ag dan Muhammad Khairul Rijal, M.Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya data bahwa tingkat persaingan dalam penerimaan peserta didik baru setiap tahunnya mengalami penurunan dan peningkatan. Hal ini dikarenakan banyaknya sekolah yang terdapat di kecamatan sungai kunjang. Sekolah setingkat madrasah swasta yang berbasis islam ini merasakan bahwa sebagian besar masyarakat cenderung ingin memasukkan anaknya kesekolah umum dan negeri. Oleh karena itu madrasah menuntut keberadaan humas untuk menerapkan strategi yang tepat dalam penerimaan peserta didik baru dalam setiap tantangan dan hambatan yang muncul dan pada akhirnya tujuan yang telah ditetapkan dan diinginkan madrasah dapat tercapai dengan efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi humas dalam penerimaan peserta didik baru serta mengetahui faktor yang menjadi penghambat strategi humas dalam penerimaan peserta didik baru di MTs Al-Muna Samarinda.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian kali ini adalah jenis metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi serta teknis analisis datanya menggunakan model Miles dan Hubermen, yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan cara triangulasi sumber data dan triangulasi dengan metode. Sumber data pada penelitian ini yaitu waka humas, waka kesiswaan, kepala madrasah, tenaga pendidik, dan siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi humas terdiri dari empat tahap yaitu penemuan fakta (fact finding), MTs Al-Muna Samarinda menemukan fakta bahwa faktor tempat tinggal yang dekat dengan madrasah dan adanya pelajaran agama yang berbasis pondok pesantren. Perencanaan dan peyusunan program (planning and programming), membentuk kepanitiaan PPDB, menentukan anggaran biaya, waktu, tempat, program untuk promosi, dan sasaran/target strategi humas yang akan dilakukan. Melakukan tindakan dan berkomunikasi (taking action and communicating), humas beserta panitia PPDB dan osis bersosialisasi kesekolah SD/MI sekitar MTs Al-Muna Samarinda bahwa madrasah memiliki program unggulan dan ekstrakurikuler. Evaluasi program (evaluating the program), Evaluasi program PPDB kegiatan promosi pada media sosial harus ditingkatkan. Faktor- faktor yang mengahambat yaitu tugas humas menjadi overload, lokasi MTs Al-Muna Samarinda berada dalam gang, serta banyak sekolahan tingkat MTs/SMP yang berada di kecamatan sungai kunjang yang membuat persaingan menjadi sangat ketat.