dc.description.abstract | ABSTRAK
Ahmad Tolani, 1411060059, Upaya Guru Mata Pelajaran Fikih Dalam Meningkatkan Kemampuan Sholat Skripsi, Program Strata satu ( S1 ) pada fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Jurusan Pendidikan Agama Islam.
Latar belakang penelitian ini adalah Madarasah Ibtidaiyah adalah bentuk lembaga pendidikan yang bernafaskan agama. Salah satu bentuk pembelajaran di madrasah adalah mata pelajaran fikih yaitu sholat, hal ini ada beberapa kasus yaitu siswa kelas VI MI Al jihad Samboja yang belum mampu melaksanakan sholat dengan baik, hal ini dilihat dari segi gerakan sholat maupun bacaannya saat mengahadapi ujian munaqosoh. Dan di perlukan pembinaan guru dalam rangka meningkatkan kemampuan sholat siswa MI al jihad Samboja. Dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru mata pelajaran fikih dalam meningkatkan kemampuan sholat pada MI Al Jihad Samboja
Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil yang di peroleh dalam penelitian ini adalah upaya guru mata pelajaran fikih untuk meningkatkan kemampuan sholat adalah Memanfaatkan waktu dan untuk membimbing siswanya dalam praktek sholat, serta membenarkan bacaan agar fasih dan memberikan contoh gerakan sholat dengan sempurna, Membuat jadwal guru piket untuk mendampingi siswa sholat berjamaah di masjid melibatkan seluruh guru dalam meningkatkan ibadah Sholat, Selalu memberi dorongan kepada guru yang aktif, dan mengajak seluruh guru MI untuk sholat berjamah dalam meningkatkan kemampuan Sholat sehari - hari., Meningkatkan hafalan Surah - surah pendek secara bertahap, Bekerja sama dengan guru - guru yang baik, dan bekerjasama dengan wali kelas dan seluruh warga madrasah demi lancarnya peserta didik dalam hal sholat, Menjalin komunikasi antara guru , orang tua siswa dan masyarakat demi meningkatkan kemampuan sholat pada peserta didik. | en_US |