dc.description.abstract | ABSTRAK
Naumi Syahara Rangga Goroguta, 2023. “Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Sullamul Hidayah Antasari Samarinda” Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Marniati Kadir, M.Pd dan Lely Salmitha, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPA dan untuk mengukur efektivitas model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada hasil belajar IPA ini dilatar belakangi oleh suatu permasalahan yakni masih terdapatnya siswa yang memiliki hasil belajar IPA yang belum tuntas atau tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal atau (KKM), walaupun guru dalam proses pembelajaran telah menerapkan beberapa model pembelajaran kooperatif dan metode yang menarik dalam pembelajaran. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) yang mana model pembelajaran TGT ini memiliki kelebihan yaitu, membantu siswa untuk menguasai dan memiliki pemaham yang mendalam disetiap pokok bahasan yang diberikan oleh guru dan melibatkan partisipasi aktif siswa serta suasana belajar yang menyenangkan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Quasi Experiment dan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MI Sullamul Hidayah Antasari Samarinda dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan sampel pada penelitian ini yakni kelas V Salman Al-Farizi sebagai kelas eksperimen dan kelas V Hamzah bin Abdul Muthalib sebagai kelas kontrol. Variabel bebas yaitu model pembelajaran teams games tournament (TGT), variabel terikat yaitu hasil belajar IPA siswa kelas V. Teknik pengumpulan data pada penelitin ini yaitu, tes dan dokumentasi. Teknik keabsahan data memakai uji validitas, uji reliabilitas dan uji tingkat kesukaran soal. Teknik analisi data yang dipakai yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji independent sample t-test dan uji besar efektifitas menggubakan uji n-gain score.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran teams games tournament (TGT) efektif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V MI Sullamul Hidayah Antasari Samarinda. Dibuktikan dari hasil uji independent sampel t test nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0,05 sehingga Ha diterima H0 ditolak. Besar efektivitas model pembelajaran teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Sullamul Hidayah Antasari Samarinda yaitu tergolong sedang. Dengan hasil perhitungan N-Gain skor kelas ekperimen yakni 0,60. | en_US |