dc.description.abstract | ABSTRAK
Kurnia Rabiatul Hayat 2023. “Peran Guru Kelas dalam Membentukb Karakter Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Sullamul Hidayah Antasari Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh bapak Drs. Khairul Saleh, M.Ag sebagai pembimbing I dan bapak Saipul Hadi, M.Pd.I sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran guru kelas yang sangat penting dalam membentuk karakter siswa madrasah ibtidaiyah. Guru kelas memiliki tanggung jawab untuk mengajarkan nilai-nilai moral dan etika, membimbing siswa dalam menghadapi berbagai situasi sosial, serta membantu mereka mengembangkan keterampilan sosial dan emosional yang penting untuk sukses dalam kehidupan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru kelas dalam membentuk karakter siswa, untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mendukung dan menghambat guru kelas dalam proses pembentukan karakter siswa, dan untuk mengetahui langkah yang dapat dilakukan guru kelas untuk mengatasi hambatan yang terjadi dalam proses pembentukan karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah Sullamul Hidayah Antasari Samarinda.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru, siswa dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan melalui tiga teknik tersebut kemudian diperiksa keabsahan datanya dengan melakukan cek kredibilitas melalui triangulasi teknik. Setelah dilakukan pemeriksaan keabsahan data, maka data dianalisis dengan cara kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru kelas dalam membentuk karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah Sullamul Hidayah Antasari Samarinda, meliputi beberapa kegiatan seperti: membina karakter budi pekerti siswa, membina kepribadian siswa dan membina kedisiplinan siswa. Dengan nilai pendidikan karakter yang dibentuk yaitu nilai religius, nilai disiplin dan nilai bertanggung jawab. Adapun yang menjadi faktor pendukung adalah lingkungan sekolah yang mendukung seperti semua warga sekolah melakukan hal yang sama dan diikuti oleh kesadaran dalam diri siswa itu sendiri. Adapun faktor penghambatnya adalah kurangnya dukungan orang tua di luar sekolah, lingkungan tempat tinggal atau tempat bermain siswa dan kurangnya kesadaran siswa terhadap apa yang mereka lakukan. Maka, langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut adalah dengan mengkomunikasikan mengenai pentingnya dukungan orang tua dalam proses pembentukan karakter dan bagi siswa dengan diberikan lembar yang berisi kolom tentang kebaikan yang telah mereka lakukan sebagai pengingat diri mereka. | en_US |