Show simple item record

dc.contributor.authorjihad, Muhammad
dc.date.accessioned2023-07-20T00:55:19Z
dc.date.available2023-07-20T00:55:19Z
dc.date.issued2023-06-12
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3210
dc.description.abstractABSTRAK Muhammad jihad, 2023 " Monitoring Kepala Sekolah Terhadap Kegiatan Islam Di SD Islam Al- Azhar 47 samarinda". skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dra. Hj Ananiah. M, M.Pd selaku pembimbing I dan Dr. Siti Maulidah S.Pd.I.M.Pd selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana monitoring kepala sekolah terhadap kegiatan keagamaan di SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda, SD Islam Al- Azhar adalah salah satu sekolah yang cukup diminati warga dan orang tua di sekitaran kelurahan loa bakung, dengan sekolah yang memiliki Akreditasi A, Kepala Sekolah memegang peranan yang sangat penting dalam memonitoring kegiatan keagamaan di sekolah, karena dalam memonitoring sangat berkaitan dengan kepala sekolah terutama dalam hal mengkoordinir dan menggerakkan semua sumber daya pendidikan yang ada. Kepala sekolah yang sukses adalah orang yang mengakui keberadaan sekolah sebagai organisasi yang kompleks dan mampu melakukan fungsi seseorang yang bertugas memimpin sekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dikenakan ada empat yaitu pengumpulan data,kondensi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Lokasi penelitian di SD Islam Al – Azhar 47 Samarinda dengan informan Kepala Sekolah, Waka keagamaan, Tim waka keagamaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa monitoring kepala sekolah terhadap kegiatan keagamaan Islam terdiri dari tiga tahapan, yang pertama yaitu perencanaan, perencanaan terdiri didalamnya seperti menentukan standar-standar untuk kedepanya, kemudian yang kedua adalah pelaksanaan yang didalamnya terdapat observasi langsung dan tidak langsung, dan yang ketiga adalah pelaporan, pelaporan didalamnya terdapat penggabungan hasil laporan waka keagamaan dan tim waka keagamaan beserta hasil monitoring kepala sekolah dalam bentuk file program sekolah pada bagian bentuk pelaporan kemudian dilaporkan pada saaat rapat koordinasi sekolah. Dalam penerapan monitoring kepala sekolah terhadap kegiatan keagamaan memiliki beberapa kegiatan keagamaan yaitu Sholat berjamaah, pembacaan kisah kisah teladan para nabi, sahabat dan ulama terdahulu, pelafalan asmaul husna sebelum memulai pelajaran, tadarrus bersama, sholat dhuha, sholat terawih, buka puasa bersama, kultum, pembayaran zakat, PHBI (peringatan hari besar islam), implementasi adab,pelafalan doa-doa harian. Kemudian kendala yang dihadapi yaitu kurangnya SDM tim waka keagamaan untuk mengawasi banyaknya kegiatan keagamaan sehingga ketika ada tim yang sakit atau berhalangan hadir digantikan dengan wali kelas atau guru yang tidak ada mengisi pelajaranen_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectMonitoring, Kepala Sekolah, Kegiatan Islamen_US
dc.titleMonitoring Kepala Sekolah Terhadap Kegiatan Islam Di SD Islam Al- Azhar 47 samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record