dc.description.abstract | ABSTRAK
M. Fajar Maulana. 2017. ”Peran Kepala Madrasah Dalam Tata Kelola Budaya Islami di Madrasah Aliyah Al Mujahidin Samarinda”. Skripsi, jurusan Pendidikan Islam, Program studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Peneliti di bawah bimbingan Imroh Atul Musfiroh,M.Pd.I dan Drs. Darwis, M.Si
Penelitian ini dilatar belakangi adanya keikutsertaan kepala madrasah dalam mengeolola budaya Islami yang begitu beragam di madrasah Aliyah Al Mujahidin Samarinda. Budaya Islami di madrasah merupakan upaya membentuk generasi muda yang berakhlak mulia, berpegang teguh pada nilai-nilai Islam, dan mampu mengamalkan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari. Pengembangan budaya Islami merupakan kebijakan yang dilakukan oleh kepala madrasah dan harus diperhatikan oleh tenaga pendidik dan seluruh siswa yang ada di madrasah. Kepala madrasah mempunyai peran yang sangat penting dalam menjalankan aktivitas kegiatan pendidikan dan bertanggung jawab untuk memimpin proses pendidikan di madrasah terutama berkaitan membangun suasana budaya islami yang ada pada masyarakat madrasah yang merupakan salah satu faktor penting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepala madrasah dan juga mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat kepala madrasah dalam tata Kelola budaya Islami di Madrasah Aliyah Al Mujahidin
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obesrvasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik analisis data menurut Miles Huberman dan Saldana, yaitu kondensasi data, sajian data, dan kesimpulan. Pada bagian ini, keefektifan data yang terkumpul diperiksa secara terus menerus agar tidak ada informasi yang salah atau tidak sesuai dengan keadaan. Dalam mengecek keabsahan data, peneliti melalui analisis data .
Hasil dari penelitian ini menunjukkan Kepala Madrasah MA Al Mujahidin memiliki peran yang meliputi sebagai berikut 1.) sebagai pendidik yaitu memberikan arahan, visi dan misi, serta tujuan strategis bagi madrasah dan pembelajaran. 2.) sebagai motivator yakni kepala madrasah meberikan semangat kepada para masyarakat yang ada di madrasah. 3.) sebagai administrator yaitu yang bertugas dalam mengajak dan mengelola fasilitas serta asset lainnya yang dibutuhkan. 4.) sebagai penyelesaian konfil yaitu kepala madrasah ikut andil dalam melakukan tindak turun ke lapangan yang berkaitan dengan keadaan budaya Islami tersebut. Adapun faktor pendukung dan penghambat yang ada di dalam kegiatan budaya Islami yang ada di Madrasah Aliyah Al Mujahidin Samarinda yaitu dari hal yang berkaitan dengan kegiatan budaya Islami dan hal apa saja yang tidak dapat di pahami oleh kepala madrasah tersebut namun dapat beliau selesaikan dengan di bantu oleh tenanga kependidikan lainnya yangada di madrasah Aliyah Al Mujahidin Samarinda. | en_US |